×

Daftar Obat-obatan Kimia Yang Dapat Mengurangi Kesuburan

Bagikan Artikel :

Daftar Obat-obatan Kimia Yang Dapat Mengurangi KesuburanBidan Online,- Saat ini banyak para pasangan suami istri yang mengeluhkan sulitnya untuk mendapatkan momongan. Tingkat kesuburan pria atau wanita akan sangat berpengaruh pada terjadinya kehamilan. Pria atau wanita dengan kesuburan yang baik maka akan membuka peluang besar terjadinya kehamilan. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kesuburan menurun dan perlu adan tahu ternyata mengkonsumsi obat-obatan sangat pengaruh pada kesuburan. Tentunya bukan hal yang asing lagi jika obat kimia memiliki efek samping tertentu bagi kesehatan, terlebih lagi jika di konsumsi dalam jangka panjang.

Mungkin dari anda hanya mengira jika efek samping dari obat-obatan kimia hanya sebatas mengantuk, alergi, hingga naiknya asam lambung. Banyka yang tidak tahu jika mengkonsumsi obat-obatan terntentu memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kesuburan. Bukan tanpa alasan jenis obat-obatan tertentu diketahui dapat berpengaruh pada kinerja organ reproduksi. Dan jika jenis obat-obatan tenrtentu di konsumsi dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan kemandulan atau infertilitas.

Nah untuk anda pasangan suami istri yang sedang melakukan program hamil atau memililki keinginan untuk segera mempunyai momongan sebaiknya hibdari mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Dan berikut ini beberapa obat-obatan yang bisa menurunkan kesuburan.

Obat penenang
Obat penenang memang menjadi obat yang banyak di konsumsi terlebih lagi untuk orang dengan stres berat. Diketahui obat penenang memiliki efek yang sangat fatal bagi reproduksi wanita. Obat penenang bekerja pada syaragf pusat sehingga merangsang pembentukan hormon prolaktin. Diketahui hormon prolaktin dapat mengganggu ovalusi atau pembuahan yang akan sangat berdampak pada kesuburan.

Obat anti inflamasi atau peradangan
Khusus untuk pria penggunaan obat anti peradangan yang berbasis steroid contohnya sulfasalazine ternyata memiliki dampak buruk bagi kualitas sperma. Diketahui obat anti peradangan ini dapat mengurangi produksi sperma dan tentunya juga berdampak pada kesuburan.

Obat penghilang nyeri
Obat penghilang nyeri memang banyak terkandung pada berbagai jenis obat. Namun untuk anda yang sedang merancanakan kehamilan sebaiknya untuk menghindari mengkonsumsi obat pereda nyeri. Obat pereda nyerui diketahui dapat mengganggu proses pembuahan atau ovulasi sehingga sangat berpengaruh terhadap terjadinya kehamilan. Tidak hanya itu penggunaan obat penghilang rasa nyeri dalam jangka panjang dapat menyebabkan luka pada lambung. Beberapa obat perada nyeri yang banyak di gunakan seperti asam mefenamat, ibuprofen dan aspirin.

Obat hipertensi atau darah tinggi
Obat hipertensi atau darah tinggi memiliki kandungan blocker juga diuretik. Kedua kandungan tersebut memiliki fungsi untuk mengontrol tekanan darah namun dalam penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan impotensi bagi pria.

Obat kanker
Obat kanker disini yaitu kemoterapi dan radiasi. Kedua pengobatan tersebut memiliki efek yang kurang baik untuk kesuburan. Selain dapat merusak sel kanker juga akan berimbas pada sel-sel lainnya seperti sel sperma pria.

Itulah beberapa obat yang dapat menurunkan kesuburan, tentunya dengan pemakaian yang bijak maka hal tersebut dapat di minimalisir. Apalagi untuk anda yang sedang melakukan program hamil. Semoga bermanfaat.

Related Posts :

    Baca juga artikel lainnya:

    Manfaat Vitamin D Bagi Kesuburan
    Tips Berhenti Merokok Untuk Meningkatkan Kesuburan

    Terapi Untuk Meningkatkan Kesuburan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 31, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara mengatasi PMS

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, kenapa yah setiap menjelang menstruasi saya jadi mudah marah dan lebih sensitif? bagaimana sih cara mengatasi PMS itu bu bidan? Terimakasih:)

    Bisakah Setelah Melakukan Kuret Hamil Lagi ?

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

  • Oleh : Nenk Marsya
  • paha ngilu saat hamil

  • Oleh : Eci wulandari
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    bu bidan saat ini saya hamil 7 bulan, saya sering mengalami sakit di bagian bokong,pinggang,paha sama perut bagian bawah.. itu kenapa ya bu? apakah berbahaya apa tidak ?perut saya pun suka terasa kencang dan keras

    Pilek Pada Anak yang Tak Kunjung Sembuh

  • Oleh : Isti Rahmawati
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau bertanya, anak saya usianya 1,5 tahun, dia sering sekali terkena pilek. Bahkan anak saya sering sekali ingusan yang membuatnya tidak nyaman karena mungkin sulit bernapas. Apakah hal ini wajar ?

    Mentrulasi

  • Oleh : Fidella Annaumi
  • 1 tahun yang lalu

    Halo dok mau tanya, usia saya 18 tahun yang sedang sibuk cari kuiah dok, haid saya sellu lancar meski agak panjang sekitar 10 harian, tapi mulai bulan lalu saya haid berwarna hitam dari awal haid sampai akhir dok, dan setelah 11 hari saya haid lagi dengam keadaan yang sama dok haid berwarna hitam, tidak menggumpal, dan hanya sedikit sekali dok seperti flek saja dan berlangsung 13 hari dok, lalu setelah 6 hari flek lagi dok sekarang sudah memasuki 2 hari dari awal flek terakhir dok, apakah ini penyakit?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan