×

Wanita Dengan Dua Rahim Bisa Melahirkan Bayi Kembar Dari Rahim Yang Berbeda

Bagikan Artikel :

Wanita Dengan Dua Rahim Bisa Melahirkan Bayi Kembar Dari Rahim Yang Berbeda

Idelanya setiap wanita hanya memiliki satu vagina satu serviks dan satu rahim. Namun ada juga wanita yang memiliki dua vagina dan dua rahim. Hal ini disebut dengan uterus didelphys. Kasus ini bisa dialami satu dari 25000 wanita. Wanita dengan rahim didelphys bisa melahirkan dua orang anak kembar dari rahim yang berbeda. Masih pada bingung ya ?. nah pada artikel kali ini bidan Bidan Citra akan sedikit menjelaskan tentang rahim didelphys.

Penyebab Wanita Mengalami Uterus Didelphys

Pada saat perkembangan fase embrionik di masa kehamilan seorang ibu, perkembangan rahim bayi berjenis kelamin wanita dimulai dari dua tabung yang kemudian menyatu menjadi satu dan kemudian membentuk rahim. Pada kondisi uterus didelphys terdapat kesalahan pengiriman sinyal, sehingga penyatuan tabung ini tidak terjadi.

Masalah Yang Bisa Terjadi Pada Uterus Didelphys Saat Hamil

Wanita dengan dua rahim seharusnya tidak memiliki masalah untuk hamil. Namun, wanita dengan uterus didelphys ini seringkali mengalami gangguan dalam proses implantasi (proses penanaman bakal janin ke rahim) karena jaringan yang melapisi bagian dalam dinding rahim tidak terbentuk sempurna.
Selain itu bentuk rahim pada uterus didelphys seringkali berbentuk irregular, sehingga pada wanita dengan dua rahim sulit memfasilitasi peregangan rahim saat kehamilan semakin membesar. Akibatnya wanita dengan dua rahim ini memiliki risiko tinggi keguguran atau melahirkan bayi prematur.

Related Posts :

    Cara Untuk Mengetahui Kondisi Uterus Didelphys

    Kebanyakan wanita tidak menyadari bahwa ia memiliki dua rahim sampai ia hamil dan menjalani pemeriksaan USG. Jika wanita dengan uterus didelphys menjalani pemeriksaan USG pada usia 8 minggu, dokter biasanya akan mendapati kondisi adanya dua rahim ini.
    Namun jika pemeriksaan USG baru dilakukan setelah usia kehamilan 20 minggu, biasanya rahim yang berisi bayi akan menutupi rahim lain yang kosong tersebut. Sehingga, kondisi adanya dua rahim atau uterus didelphys bisa saja tak terdeteksi.
    Itulah sekilas tentang kondisi wanita dengan dua rahim atau uterus didelphys. Pentingnya pemeriksaan sejak dini dapat membuat Anda mengetahui adanya kelainan dalam organ reproduksi. Jika menemukan keraguan terhadap kondisi rahim, segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 25, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mencret dan perut kembung

  • Oleh : Ratu
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan,
    Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

    Maternitas

  • Oleh : Laela Cahyana
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, bu saya udah telat haid 19 hari biasanya bulan² kemarin haid lancar dan selama setahun nikah saya gak pernah ikut program Kb atau yang lain nya, maaf bu pertanyaan saya sedikit jorok waktu tadi pagi saya kira haid soalnya miss V basa banget, pas saya colek pake tissue ternyata kaya keputihan kentel banget bu? Dan saya belum coba tespack, apa kemungkinan saya hamil bu?

    Hamil

  • Oleh : Obey Hungkul
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang dok saya mau bertanya, saya telat haid 4hari tapi setelah di test pack hasilnya negatif dok, apa ada kemungkinan untuk saya hamil ? Atau bagaimana ya dok. Terimakasih

    Menstruasi

  • Oleh : Shaqina Yunika Dewi
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya masih 17 tahun, terakhir saya haid itu tanggal 24/25 februari dibulan lalu, diwaktu seharusnya haid malah keluar seperti flek saya gatau namanya, itu apa ya dok dan keluar nya sesekali sampe sekarang msh keluar tapi hanya sesekali,saya juga ada foto nya

  • Oleh : Shaqina Yunika Dewi
  • cara mengetahui lebih dini mengenai kehamilan anggur

  • Oleh : Ratu
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi Bu Bidan, sodara saya kemarin mengalami keguguran yang diakibatkan oleh kehamilan anggur atau kosong. Namun, hal itu sebelumnya tidak diketahui oleh keluarga kami dan sebelumnya juga kami menyangka sodara saya mengalami kehamilan normal.

    Nah, belajar dari pengalaman sodara saya, bagaimana cara mengetahui lebih dini mengenai hamil anggur itu? dan adakah gejala yang membedakannya?

    Tanya Bidan