Kenali Ciri-ciri Hamil Diluar Kandungan Sedini Mungkin

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Kenali Ciri-ciri Hamil Diluar Kandungan Sedini MungkinBidan Online,- Untuk pasangan yang sudah menikah tentunya mempunyai momongan menjadi hal yang sangat diharapkan dan membahagiakan. Namun ada kalanya apa yang direncanakan tak sesuai harapan, tidak sedikit wanita yang mengalami kehamilan diluar kandungan. Pada dasarnya kehamilan normal terjadi di saluran telur yang kemudian berjalan hingga ke rahim, namun pada kasus hamil diluar kandungan pembuahan tidak sampai ke rahim malah diam di saluran telur. Tentunya hal tersebut dapat berbahaya bagi ibu hamil jika tidak mendapatkan penanganan khusus. Maka dari itu sangat penting sekali mengetahui ciri-ciri hamil diluar kandungan sedini mungkin untuk mencegah berbagai komplikasi muncul.

    Kenali Ciri-ciri Hamil Diluar Kandungan Sedini Mungkin – Bidan Online,- Untuk pasangan yang sudah menikah tentunya mempunyai momongan menjadi hal yang sangat diharapkan dan membahagiakan. Namun ada kalanya apa yang direncanakan tak sesuai harapan, tidak sedikit wanita yang mengalami kehamilan diluar kandungan. Pada dasarnya kehamilan normal terjadi di saluran telur yang kemudian berjalan hingga ke rahim, namun pada kasus hamil diluar kandungan pembuahan tidak sampai ke rahim malah diam di saluran telur. Tentunya hal tersebut dapat berbahaya bagi ibu hamil jika tidak mendapatkan penanganan khusus. Maka dari itu sangat penting sekali mengetahui ciri-ciri hamil diluar kandungan sedini mungkin untuk mencegah berbagai komplikasi muncul.

    Dalam sitilah medis kehamilan diluar kandungan disebut juga dengan kehamilan ektopik. Yang merupakan kehamilan yang terjadi saat sudah terjadi ovulasi namun berkembang dan menempel di luar rahim. Diketahui kasus kehamilan ektopik ini tejadi sekitar 2% kehamlan di seluruh dunia. Dan biasanya kehamilan ektopik ini sering kali muncul di bagian tuba falopi, disamping itu hamil diluar kandungan juga dapat terjadi di indung telur, rongga perut, hingga leher rahim.

    Ada beberapa faktor resiko yang bisa meningkatkan anda terkena hamil diluar kandungan seperti kebiasaan merokok, riwayat penyakit radang panggul, riawayat pernah mengalami hamil diluar kandungan sebelumnya, penyakit menular seksual, penggunaan obat kesuburan, adanya luka jaringan parut, bayi tabung, juga faktor usia 35 tahun keatas.

    Lalu apa saja tanda-tanda hamil diluar kanduangan? sama dengan kehamilan normal biasanya tanda-tanda anda mengalami hamil diluar kandungan tidak muncul secara siginifikan. Namun ada gejala hamil diluar kandungan yang utama seperti adanya pendarahan vagina ringan, sakit perut di salah satu sisi, juga tidak munculnya siklus menstruasi. Diketahui gejala tersebut tidak dirasakan semua wanita yang mengalami kehamilan ektopik hanya sekitar 50% wanita yang mengalami gejala tersbeut. Adapun gejala lainnya yaitu:

    • Kram perut
    • Nyeri panggul
    • Mual dan juntah
    • Selangkangan terasa sakit, begitu juga dengan bahu dan leher
    • Rasa sakit saat buang air kecil dan buang air besar
    • Kepala pusing dan terasa seperti ingin pingsan

    Pada dasarnya semua wanita memiliki potensi mengalami kehamilan diluar kandungan namun diketahui wanita yang memiliki masalah infeksi lebih beresiko mengalami kehamilan ektopik. Biasanya kehamilan diluar kandungan hanya bisa bertahan selama 5 sampai 10 minggu dan jalan yang harus diambil yaitu dengan melakukan aborsi. Karena jika tidak dilakukan penanganan yang cepat maka berpotensi menyebabkan sel telur pecah disertai dengan pendarahan. Jika anda mengalami beberapa gejala diatas ada baiknya segera periksa ke dokter agar terdeteksi di awal untuk mengjindari beberapa komplikasi yang lebih parah. 

    Baca juga artikel lainnya:

    Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

    Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesuburan Agar Cepat Hamil

    Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

    Ketahui Penyebab Keringat Berlebih Pada Ibu Hamil

    Tips Meredakan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil Yang Aman

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - July 19, 2017
    Diskusi Dari:
    Cantika Rahayu

    Selamat pagi bu bidan, maaf sebelumnya saya tidak menanyakan bahasan kesehatan. Saya memiliki anak usia 8 tahun. Ia sekarang baru masuk kelas 3 SD. Sewaktu kecil anak saya itu nurut sama saya, tapi semakin besar kok dia malah sulit untuk diatur. Apa yang salah dengannya atau saya sendiri yang salah mendidiknya selama ini ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Diranan

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya
    Bayi saya umur 4 bulan setiap mau pipis gelisah dan kadang menangis dulu, baru setelah itu dia pipis, tapi tidak diserta demam. Apa kondisi ini normal ?

    Dijawab Oleh : Diranan
    Diskusi Dari:
    Iszmy Mukhayarin

    Selamat pagi bu saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit saat buang air kecil seperti tersendat-sendat kira2 itu penyakit apa ya bu? mohon penjelasannya trims

    Dijawab Oleh : Iszmy Mukhayarin
    Diskusi Dari:
    Rennym

    Siang dok, saya mau tanya kenapa ya ko di bagian bawah dagu saya ada benjolan yang apabila di pegang, di raba atau tersentuh itu sakit. Apa ada hubungannya dengan sariawan? Soalnya saat ini saya sedang sariawan, mohon penjelasannya dok

    Dijawab Oleh : Rennym
    Diskusi Dari:
    Isti Rahmawati

    Bu bidan saya mau bertanya, anak saya usianya 1,5 tahun, dia sering sekali terkena pilek. Bahkan anak saya sering sekali ingusan yang membuatnya tidak nyaman karena mungkin sulit bernapas. Apakah hal ini wajar ?

    Dijawab Oleh : Isti Rahmawati