×

Makanan Sehat Ini Bisa Menyeimbangkan Hormon Wanita

Bagikan Artikel :

Bidan Online Kali Ini akan membahas mengenai Makanan Sehat Untuk Wanita. Mengapa hanya untuk wanita? Karena wanita ini tidak hanya membutuhkan fisik dan kemampuan yang kuat, tapi juga membutuhkan makanan yang tepat. Pria dan wanita juga tidak hanya mempunyai perbedaan fisik semata, tapi juga mempunyai perbedaan pada apa yang dibutuhkan tubuh. Wanita sendiri akan mengalami siklus menstruasi, kehamilan, dan juga fase menantang lainnya yang itu semua tentunya membutuhkan tenaga dan pikiran yang kuat.

Memang pola makan yang sehat pada umumnya bisa menjaga keseimbangan tubuh. Sehingga tidak sedikit wanita yang menjaga pola makan agar tubuhnya tetap sehat. Di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang layak dan dianjurkan untuk kaum wanita yang menginginkan kesehatannya seimbang.

Makanan Yang Bisa Menyeimbangkan Kesehatan Wanita


Daging Merah
Wanita yang sedang pada masa menstruasi biasanya akan mengalami kekurangan zat besi yang nantinya akan menyebabkan kelelahan. Daging sapi merah inilah makanan yang tepat untuk dikonsumsi oleh para wanita yang mengalami seperti ini. Bahkan sebuah laporan terbaru dari Union of Concerned Scientists bahwa daging sapi yang akan dikonsumsi ini mengandung asam linoleat sekaligus omega 3 asam lemak yang bisa membantu jantung untuk tetap sehat.

Gandum
Salah satu cara untuk menurunkan gejala kolesterol adalah dengan mengkonsumsi gandum. Serat dalam oetmeal membentuk gel yang bisa memperlambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Bahkan para ilmuwan juga mengatakan bahwa gandum memiliki serat yang baik dan tidak cepat larut dalam pencernaan tubuh sehingga bisa membantu anda merasa kenyang, dan bisa mengendalikan berat badan.

Pepaya
Buah yang mengandung vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk ini merupakan buah yang ampuh untuk mencegah terjadinya penyakit batu empedu yang lebih banyak terjadi pada perempuan. Studi dari University of California, San Francisco menemukan bahwa setelah menganalisis darah lebih dari 13000 perempuan dengan kadar vitamin  C yang renadh, ternyata bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah pepaya. Satu pepaya kecil mempunyai 188 mg kandungan vitamin C dan hanya 119 kalori yang artinya akan membuat tubuh wanita menjadi lebih sehat setiap hari.

Dark Chocolate
Tapi bukan sembarang cokelat, para wanita bisa memilih cokelat hitam (dark chocolate) sebagai menu sehat. Jenis cokelat seperti ini kaya dengan antioksidan yang bisa mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung. Dan cokelat juga mengandung magnesium, serta fosfor yang baik untuk tulang tubuh. Nah, agar benar-benar menikmati manfaat dari cokelat, pastikan anda mencari jenis cokelat yang terbuat dari 70% bahan kakao alami.

Tahu
Makanan yang kaya akan protein ini bisa menurunkan kolesterol dan juga bisa meminimalkan masa menopause juga membuat tulang menjadi lebih kuat. Kandungan kimia isoflavon pada tahu, mempunyai struktur yang sama dengan estrogen yang merupakan hormon wanita yang paling penting dan biasanya terus berkurang seiring dengan bertambahnya usia.
Sebuah studi juga menerangkan bahwa 90 mg isoflavon bermanfaat untuk membangun tulang menjadi kuat (khususnya tulang belakang). Para wanita bisa mengkonsumsi setengah sampai satu tahu setiap harinya, karena mengandung sekitar 25-35mg isoflavon yang sangat bermanfaat untuk tubuh mereka.

Kopi
Salah satu penelitian dari American Society for Nutrition telah menyimpulkan bahwa meminum 3-5 cangkir kopi biasa per harinya bisa menurunkan resiko perempuan dari penyakit diabetes tipe 2, kanker usus besar, kanker hati, juga membantu mencegah penyakit Parkinson dan Alzheimer. Serta antioksidan yang ditemukan dalam kopi juga berperan untuk melindungi sel-sel DNS pada wanita dari kerusakan.

Bubuk Kari
Selain sebagai bumbu masakan, kari juga bisa menjadi menu andalan untuk kesehatan wanita. Salah satu penelitian yang dilakukan di University of Texas MD Anderson Cancer Center menemukan bahwa bahan kari bisa membantu berbagai macam penyakit seperti limfoma, payudara, sampai pada kanker prankeas.

Itulah mungkin beberapa jenis makanan yang bisa menyeimbangkan hormon wanita, dan tips yang bisa anda jadikan sebagai menu makan harian anda. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menjadikan hidup anda lebih sehat.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 20, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keluar bercak merah kecoklatan sebelum masa haid

  • Oleh : Dwi Nanda
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    Mau tanya dok apakah itu normal?, padahal saya baru umur 18 tahun dan memang siklus haid saya belum teratur

    Kenapa ibu hamil dilarang makan makanan pedas dan asam?

  • Oleh : Obey Hungkul
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Pagi ibu bidan, saya mau tanya kenapa ibu hamil dilarang makan makanan pedas dan asam?

  • Oleh : Obey Hungkul
  • benjolan

  • Oleh : jessica kheai
  • 12 bulan yang lalu

    Selamat sore ibu bidan,, saya ibu rumah tangga usia 32 thn. Payudara sebelah kiri ada benjolan yg bs pindah pindah jika ditekan, dan kelenjar getah bening bawah ketiak membesar dan keduanya tdk kunjung hilang kurun waktu 1 thn belakang ini. Tdk terasa sakit at keluhan lainnya. Apa itu tanda2 dr kanker payudara? Terima ksh

    pre-eklampsia

  • Oleh : rina
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?

    Sakit payudara

  • Oleh : Mhocye Uchlud
  • 7 bulan yang lalu

    Dok saya sering mengalalami sakit payudara setlah haid 1 mnggu
    Dan akan berhnti sakitnya pas mau haid 1mnggu itu knpa yah dok

  • Oleh : Mhocye Uchlud
  • Tanya Bidan