×

Meskipun Sudah Lanjut Usia, Rambut Beruban Bisa Dicegah Lho!

Bagikan Artikel :

Meskipun Sudah Lanjut Usia, Rambut Beruban Bisa Dicegah Lho!

Uban atau rambut yang memutih adalah faktor yang selalu dikaitkan dengan bertambahnya umur. Biasanya rambut uban ini akan tumbuh di kalangan lanjut usia, akan tetapi di kalangan mudapun ada. Tentu hal ini akan mengganggu dalam berpenampilan. Tak jarang banyak orang yang menutupi rambut yang memutih dengan pewarna rambut.

Warna rambut adalah hasil pigmentasi pada folikel rambut dari dua jenis melanin, yaitu eumelanin dan pheomelanin. Rambut akan berwarna lebih gelap jika eumelanin lebih dominan. Tingkat melanin pada tubuh seseorang dapat berubah seiring waktu, yaitu suatu kondisi yang kemudian menyebabkan rambut juga berubah warna.

Penyebab Rambut Memutih/Beruban

  1. Melanin yang berkurang
    Melanin adalah pigmen sel yang memberikan warna pada kulit, mata atau rambut. Pada rambut yang memutih atau uban muncul ketika produksi melanin pada tubuh berkurang atau berhenti.
  2. Faktor genetik
    Uban juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Jika orang tua mengalami perubahan warna rambut pada usia muda, maka bisa dipastikan keturunannya juga akan mengalami hal yang sama.
  3. Kekurangan vitamin B12
    Kekurangan vitamin B12 juga mempercepat timbulnya uban pada rambut. Vitamin B12 yang berkurang bisa ditimbulkan dari gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok. Merokok menyebabkan kadar vitamin B12 dalam tubuh berkurang sehingga rambut kehilangan pigmentasi.
  4. Stress
    Stres juga dapat mempercepat timbulnya uban pada rambut lho. Stres memang tidak langsung menyebabkan uban, tapi memengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala. Oleh karena itu pandah-pandailah mengendalikan emosi dan perbanyak releksasi.
  5. Kondisi tubuh yang tidak sehat
    Uban bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak sehat. Penyakit seperti anemia dan gangguan tiroid mampu mempercepat tumbuhnya uban pada rambut. Begitu pula dengan pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok dan alkohol juga dapat mempercepat munculnya uban. Pola hidup yang sehat mampu mengurangi kemunculan uban dini.

Cara Mencegah Rambut Beruban

Kemunculan rambut beruban bisa dihindari dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti seafood lho. Selain itu, menghindari rokok dan mengelola stres juga mampu mengatur produksi melanin dalam tubuh.

Jangan Mencabut Uban

Jangan sering mencabut rambut putih atau uban. Mencabut rambut dapat merusak kulit kepala dan akar rambut sehingga bisa menyebabkan iritasi hingga kebotakan dini. Lebih baik untuk merawat rambut yang beruban dengan menggunakan produk toning bahan alami dari pada mencabutinya satu per satu.

Selain itu Anda juga bisa menyembunyikan rambut beruban dengan pewarnaan. Hal ini adalah solusi terbaik yang disarankan banyak ahli. Pewarnaan rambut ini bisa dilakukan sendiri di rumah atau dengan bantuan tenaga ahli. Gunakanlah pewarna rambut berbahan alam yang ramah kulit untuk mengurangi kerusakan. Selain itu, sering-seringlah mengkondisikan rambut sebelum melakukan perwarnaan. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan jenis sampo yang mampu menutrisi dan menjaga kadar kelembaban pada kulit kepala. Dan jangan lupa untuk mengoleskan terlebih dahulu cat rambut ke punggung tangan untuk melihat adanya alergi atau tidak.

Cara Perawatan Alami Bagi Rambut Yang Beruban

Perawaatan untuk menghilangkan uban dengan biji pepaya sendiri terbilang baru. Walau demikian, efektivitas dari cara ini terbilang baik. Biji pepaya sendiri mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menyehatkan, melebatkan, dan memperbaiki nutrisi rambut. Itu sebabnya, dibanding dengan bahan lain, biji pepaya dinilai lebih efektif untuk menyehatkan dan menutrisi rambut. Lankah-langkahnya yaitu :

  1. Siapkan biji pepaya yang masih baru, usahakan yang masih segar dan fresh. Setelah biji pepaya terkumpul, sangrai dan keringkan di atas wajah. Setelah itu tunggu hingga dingin.
  2. Setelah dingin, tumbuk biji-biji tadi hingga jadi bubuk. Sesudah itu campurkan dengan minyak kelapa.
  3. Aduk dan campurkan bubuk tadi hingga merata. Jika semua bahan telah tercampur, oleskan bahan tersebut pada rambut anda. Lalu pijat kepala anda hingga lima menit.
  4. Setelah lima menit, tutup rambut anda dengan handuk basah, lalu diamkan hingga 30 menit.Setelah 30 menit, bilas dan bersihkan rambut anda dengan air bersih.
  5. Lakukan perawatan ini minimal 3 hari sekali. Biasanya dalam 2-3 bulan perawatan, rambut anda akan terlihat hitam dan berkilau alami tanpa harus keluar banyak biaya.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 14, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Manfaat Persalinan Normal

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan. Saat ini usia kandungan saya sudah semakin membesar, namun saya masih bingung untuk proses persalinan. Hal yang saya ingin tanyakan, persalinan seperti apa yang harus saya lakukan, dan apa manfaat yang bisa di dapatkan ketika saya melakukan persalinan dengan cara itu?

  • Oleh : Gigin Gumay
  • Menstruasi

  • Oleh : Elfi Zahra
  • 9 bulan, 2 minggu yang lalu

    Mau tanya apakah di perbolehkan minum em kapul karna daya mentruasi nya telat

  • Oleh : Elfi Zahra
  • Benjolan di area miss v

  • Oleh : Erind Dwi
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Hallo, dok.
    Perkenalkan nama saya Erin, saya berusia 20 tahun, pelajar.
    Saya mau tanya dok, kenapa ya di area miss v saya ada benjolan sebelah kiri arah bawah yang kira-kira sebesar 1 butir kacang tanah, tapi saya tidak merasakan keluhan apapun dok, jika saya mengalami bisul di area miss v saya maka itu terasa sakit, tapi ini saya tidak merasakan apapun dok. Jika diraba agak terasa keras seperti bisul. Dan saya tidak pernah melakukan hubungan intim dok.
    Mohon bantuannya dok agar rasa cemas saya bisa sedikit terobati.
    Terimakasih, dokter.

    Keputihan

  • Oleh : Prihatin Susilowati
  • 4 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok mau tanya saya tuh keputihan … keputihannya warnanya semu kuning gitu.. biar hilang gimna ya dok ? Terimakasih

  • Oleh : Prihatin Susilowati
  • Makanan pengganti ibu hamil

  • Oleh : Ramadhan
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan saya memang termasuk orang yang tidak suka makan sayur bahkan bisa di katakan sebelum hamilpun saya tidak pernah makan sayur. Nah berhubung sekarang saya lagi hamil saya agak khawatir nih takutnya nutrisi saya dan janin tidak tercukupi karena tidak mengkonsumsi sayuran. Apakah ada makanan pengganti sayur untuk ibu hamil yang tidak suka makan sayur?

    Tanya Bidan