×

Kulit Perut Kendur Setelah Melahirkan? Lakukan Ini Bun!

Bagikan Artikel :

Kulit Perut Kendur Setelah Melahirkan? Lakukan Ini Bun!

Kulit perut kendur setelah melahirkan bikin gak percaya diri yah Bun. Memang rata-rata permasalahan para ibu yang baru melahirkan biasanya perut kendur. Kok bisa sih ini terjadi?

Umunya kulit kendur setelah melahirkan disebabkan oleh berkurangnya elastisitas kulit yang dipicu penurunan berat badan setelah melahirkan. Alhasil, kadang ada ibu yang ukuran perutnya seperti masih mengandung padahal sudah melahirkan sebelumnya, entah melahirkan normal maupun operasi caesar.

Meski cukup sulit untuk mengembalikan ukuran perut seperti semula, nyatanya tidak menutup kemungkinan perut bisa kembali rata. Kuncinya, Anda mau menerapkan cara mengencangkan perut kendur setelah melahirkan dan sabar dalam menjalaninya.

Cepat lambatnya perut yang kendur kembali ke bentuk semula setelah melahirkan tergantung pada beberapa hal yakni:

• Bentuk dan ukuran tubuh sebelum hamil dan melahirkan
• Penambahan berat badan selama hamil
• Seberapa aktif atau seberapa sering Anda berolahraga setelah melahirkan
• Gen tubuh

Cara alami mengencangkan perut kendur setelah melahirkan

  1. Jaga pola makan
    Selain mempercepat proses pemulihan, mengatur pola makan yang baik setelah melahirkan juga bisa sebagai cara mengencangkan perut kendur setelah melahirkan, lho! Supaya perut bisa kembali kencang, coba tambahkan berbagai sumber protein di dalam menu makanan Anda.
    Makanan sumber protein seperti telur, daging, dan kacang-kacangan sangat baik untuk perkembangan otot-otot tubuh. Protein juga mengandung kolagen yang dapat membantu mengencangkan perut yang mengendur, seperti di lengan, paha, perut, wajah, dan bagian tubuh lainnya.
    Menurut Angka Kecukupan Gizi milik Kemenkes RI, jumlah kebutuhan protein wanita usia 19-49 tahun sekitar 56-57 gram. Nah, karena saat ini Anda sedang menyusui, maka Anda wajib menambahkan 20 gram protein ke dalam makanan setiap hari.
  2. Perbanyak minum air putih
    Bukan cuma sekadar melepas dahaga, minum air putih yang cukup setiap hari juga bisa membuat perut jadi lebih elastis.
    Semakin rutin Anda minum air putih, maka kondisi kulit akan semakin lembap dan pada akhirnya mengurangi kulit kendur pada perut secara bertahap.
    Minum air putih juga dapat membantu membakar lemak dalam tubuh dan mengurangi penumpukan air di perut sehingga bisa menjadi cara mengencangkan perut setelah melahirkan.
    Alhasil, perut yang longgar perlahan-lahan akan mengencang dan membuat Anda tampak langsing seperti saat sebelum hamil.
  3. Olahraga rutin
    Sudah mengatur pola makan dan minum air putih yang cukup? Jangan lupa seimbangkan dengan olahraga rutin. Bukan cuma membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan, olahraga setelah melahirkan juga dapat membantu mengencangkan perut yang kendur.
    Tak perlu repot-repot mencoba olahraga intensitas tinggi sebagai cara mengatasi perut kendur setelah melahirkan supaya lemak cepat berkurang.Anda bisa melakukan olahraga kardio yang ringan seperti jalan cepat, jogging, berenang, atau bersepeda asalkan dilakukan secara konsisten.
    Jika sudah terbiasa, tambahkan latihan kekuatan untuk membentuk dan mengencangkan otot. Mulai dari latihan kekuatan yang sederhana seperti sit-up dan push-up atau boleh juga mengambil kelas yoga atau pilates. Gerakan-gerakan tersebut dapat mengencangkan otot-otot inti, pinggul, dan bokong dalam waktu yang lama.
    Supaya lebih aman, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter mengenai waktu dan jenis olahraga yang tepat untuk Anda. Ini bertujuan untuk menghindari risiko cedera yang mungkin terjadi saat olahraga nanti.
  4. Rajin menyusui
    Siapa sangka bahwa menyusui si kecil juga bisa menjadi cara terampuh mengencangkan perut kendur setelah melahirkan? Selain menjadi sumber nutrisi yang sehat untuk bayi, manfaat ASI dari menyusui juga baik bagi kesehatan ibu.
    Menyusui mengubah kalori yang ada di dalam tubuh Anda menjadi ASI untuk bayi. Semakin banyak dan sering Anda menyusui, maka lemak di dalam tubuh Anda juga akan berkurang semakin banyak. Bahkan, ibu yang menyusui cenderung mengalami penurunan berat badan lebih cepat dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui.
  5. Pijat dengan minyak esensial
    Minyak esensial memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih kencang. Inilah mengapa pijat dengan minyak esensial dapat dicoba sebagai cara mengencangkan perut yang kendur setelah melahirkan.
    Bahkan selain perut kendur, stretch mark yang muncul di perut juga menjadi masalah setelah melahirkan, dilansir dari March of Dimes. Supaya hasilnya lebih maksimal, coba gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa guna membantu menghilangkan stretch mark setelah melahirkan di perut.
    Oleskan minyak esensial ke bagian perut, lengan, atau kaki, lalu pijat pelan-pelan. Rutin melakukan pijat setelah melahirkan membuat aliran darah di bawah kulit jadi lebih lancar, sehingga kulit jadi lebih kencang.Dengan kata lain, kombinasi pijat dan minyak esensial dapat memaksimalkan usaha Anda dalam menerapkan cara mengencangkan perut kendur setelah melahirkan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 24, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Susah Ereksi

  • Oleh : Muhammad Risku
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok berumur 21 thn knapa y, beberapa hari ini penis syg susah bangat untuk ereksinya dok,,

    Tolong Jawaban nya segara dok,,saya sngat cemas dngan keaadaan sy yg skarang ini dok

    Lidah Bermasalah

  • Oleh : Karmila
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang Dok, dok saat ini saya sedang panas dalam, dan ada 3 titik dan terus membesar. Saat ini sayah merasakan risih saat mengkonsumsi makanan pedas dan juga asin dan bahkan jika saya menelan makanan saya merasakan sakit, itu kenapa ya dok?

    Terlambat haid

  • Oleh : Ani Kumala
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Mau tanya bu bidan saya haid Biasany tgl 19 sudah cek HCG 3 kali tp negatif??
    Tetapi saya belum haid juga apakah hasil HCG yg negatif bisa hamil?????

    Keputihan

  • Oleh : Lusiana –
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Kal saya udah ngalamin keputihan 2 bln ini kadang berwarna putih kdang kecoklatan tidal berbau dan trasa gata kadang gatal saat kluar slabhnya tidak

  • Oleh : Lusiana –
  • Keputihan

  • Oleh : Heni Veronica
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok keputihan sya seperti sperma udah beberapa hari ini, pertama itu seperti remahan tahu lalu seperti sperma encer, padahal sya masih remaja dan belum pernah berhubungan intim, mengapa ya dok?

  • Oleh : Heni Veronica
  • Tanya Bidan