×

Ajarkan Mindful Eating Pada Anak Sejak Dini

Bagikan Artikel :

Ajarkan Mindful Eating Pada Anak Sejak Dini

Makan merupakan sebuah aktivitas yang pastinya kita dan si Kecil lakukan setiap hari. Seringnya yang terjadi adalah kita tidak menyadari banyaknya atau jenis makanan yang dimakan karena sambil mengerjakan hal- lain. Hal ini dapat menumbuhkan sifat acuh pada kebiasaakan sehat yang sesuai kebutuhan, termasuk untuk si Kecil.

Related Posts :

    Parents dapat mulai melakukan mindful eating agar kebiasaan makan sehat dapat dilatih sejak dini bagi Si Kecil. Tapi , apa itu mindful eating? Mindful eating dalam keluarga sebagai bentuk organic parenting, didasarkan pada kesadaran saat kita sedang makan, bahwa kita memerhatikan sepenuhnya apa saja yang dimakan, berapa banyak, termasuk pemilihan bahan makanan. Misalnya, memilih asupan bebas dari zat kimia dan natural karena yang alami lebih baik.

    Dimulai dari si Kecil belajar mengambil makananya sendiri atau orang tua bisa membantu dengan mengambilkan dengan porsi yang sedikit terlebih dahulu, dan juga ikut makan sama anak. Mindful eating ini dapat membantu kita memastikan asupan anak agar seimbang dan sudah sesuai kebutuhan pada usianya.

    Apa Saja Mindful Eating Anak ?

    1. Ajak anak berdoa dan mengucap syukur sebelum makan dan minum
    2. Tanyakan apakah anak merasa lapar sambil menunjukkan ekspresi lapar (agar anak mengenal rasa lapar dan bisa mengungkapkanya dengan baik/tidak rewel)
    3. Izinkan anak untuk ambil makananya sendiri (agar anak belajar mengetahui takaran makanan yang dibutuhkan dan tidak bergantung)
    4. Tidak sambil menonton tv atau bermain gedget
    5. Makan-makanan dengan asupan nutrisi yang seimbang
    6. Pilih makanan yang natural, organic, dan memerhatikan lingkungan.

    Memang kadang praktek itu tidak seindah teorinya, tapi menerapkan sedikit demi sedikit teori akan membuat anda membantu si Kecil tumbuh dan berkembang lebih baik.

    Manfaat Menerapkan Mindful Eating Sejak Dini Pada Anak

    Anak akan lebih disiplin terutama etika saat makan, anak juga akan mengungkapkan rasa laparnya dengan baik. Selain itu penerapan mindful eating, orangtua mencoba membuat anak untuk selalu penasaran dengan setiap makanan yang ia makan. Diajak untuk mengeksplorasi semua jenis makanan dengan panca indera yang dimiliki. Dengan demikian, anak bisa menikmati proses makannya dengan lebih mendalam. Bukan hanya sekadar makan ntuk membuat perut kenyang. Melainkan juga menanamkan pemahaman pada anak akan manfaat dari makanan yang ia makan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 28, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Letak janin

  • Oleh : Aprilia Indrawati
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat siang.. Maaf mau tanya,saya hamil 18 week,terus di bagian kolom letak janin,di isi TEGANG,itu maksudnya gmna yah ..

  • Oleh : Aprilia Indrawati
  • Faktor yang berpengaruh agar memiliki bayi kembar

  • Oleh : Siska zumrotul fauziah
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

    HAID SEDIKIT

  • Oleh : devi nirvana
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    dok saya mau tanya..
    saya haid sedikit/bercaj aja selama 3 hari.. siklus haid 28 hari
    apakah itu ada kemungkinan hamil..
    atau adakah yg perlu saya konsumsi..
    terimakasi dok

    jampersal

  • Oleh : Adel1418ia
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melahirkan di bidan dan syarat yang diperlukan apa saja untuk tahun 2017?

    Asi dan kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Albar Pharadita
  • 7 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum. Ibu bidan saya albar. Saya baru melahirkan tgl 17 feb 2020 melalui proses sc. Saya tgl 9 april pergi ke bidan untuk imunisasi dan konsultasi kb. Anak saya minum asi full dari awal akhir. Tgl 9 saya minta untuk kb yg tidak menyurutkan asi. Tetapi bidan tsb memberikan kb suntik 1 bulan. Sudah 2-3mggu ini asi saya surut, apa yang harus saya lakukan? Sampai kapan efek kb ini hilang

    Tanya Bidan