×

Hingga Usia Berapa Orang Tua Boleh Mandi Bareng Anak?

Bagikan Artikel :

Hingga Usia Berapa Orang Tua Boleh Mandi Bareng Anak?

Mandi bareng dengan anak bukan hal yang tabu lagi. Hamper semua orang tua pernah melakukannya. Bahkan beberapa orang tua terbiasa melakukan hal ini. Tapi ngomong-ngomong mandi bareng ini akan mempengaruhi psikolog anak ga ya? Dan apabila mengajak anak mandi bareng baiknya itu dilakukan sampai anak umur berapa tahun? Yuk simak di bawah ini!

Batasan Usia Anak Yang Diajak Mandi Bareng Orang Tua

Aturan umum mengajak anak mandi bareng yaitu ketika anak udah mulai sekolah atau usia 5-6 tahun baiknya mereka berhenti mandi bareng orang tuanya. Walaupun Richard menekankan ini kembali lagi pada nilai dan budaya di masing-masing keluarga.

Batasan usia 5 tahun adalah kebijakan konvensional, garis batas umum. Untuk balita, kamar mandi memang bisa jadi tempat belajar. Belajar gimana menggunakan kamar mandi dan menjaga kebersihan tubuh dengan benar dan yang nggak kalah penting belajar untuk mengenali tubuh kita dan percaya diri dengan keadaan tubuh kita.

Related Posts :

    Namun, satu hal yang nggak kalah penting diperhatikan adalah kenyamanan anak ketika melihat orang tuanya telanjang atau sebaliknya saat dirinya telanjang di depan orang tuanya. Ketika anak sudah mau mencoba mandi sendiri, beri mereka kesempatan melakukannya. Atau, ketika anak menolak bahkan menghindar ketika melihat orang tuanya nggak pakai baju, itu tandanya anak mulai merasa nggak nyaman melihat orang tuanya dalam keadaan telanjang.

    Kita mesti menghargai itu. Walaupun, ada juga nih anak yang usianya di atas 5 tahun tapi masih sering mandi bareng orang tuanya. Sebagai orang tua kita juga perlu ingat bahwa anak perlu berlatih melakukan keterampilan mengurus dirinya. Sehingga, baiknya latih juga anak secara perlahan mandi sendiri.

    Misalnya anak umur 4 tahun dan orang tua ingin mengajari mereka mandi sendiri. Itu nggak masalah. Jika selama ini anak terbiasa dimandikan atau mandi bareng orang tuanya, pelan-pelan sampaikan bahwa dia sudah besar dan perlu belajar mandi sendiri. Kemudian, ajari anak bagaimana sih membersihkan badan ketika mandi.

    Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mandi Bareng Anak

    Jika Bunda dan Ayah ingin mandi bareng anak, perhatikan juga kenyamanan diri sendiri. Artinya, ketika diri kita nggak nyaman telanjang di depan anak, nggak usah dipaksakan. Sebab anak akan belajar semua hal dari orang tuanya secara verbal dan non-verbal. Ketika orang tua nggak nyaman telanjang di depan anak lantas memaksakan, anak bisa punya pandangan bahwa telanjang adalah sesuatu yang amat nggak mengenakkan.

    Padahal, telanjang lumrah dilakukan siapa saja. Ya, ketika mandi, ganti baju, kita telanjang. Dan soal telanjang ini kembali lagi pada nilai dan budaya di tiap rumah tangga. Misalnya ada orang tua yang nggak masalah hanya pakai handuk setelah mandi lalu wara-wiri di rumah. Tapi, ada juga orang tua yang menerapkan harus dalam keadaan tubuh tertutup setelah mandi.

    Dampak Pada Psikologi Anak Apabila Sering Melihat Orang Tua Telanjang

    Bicara soal anak yang melihat orang tuanya telanjang, sebuah studi tidak menemukan dampak negatif pada remaja yang sering melihat orang tuanya telanjang ketika mereka berumur 3 sampai 6 tahun. Tapi, ketika anak sering melihat itu di usia 6-11 tahun, ada dampak berupa pikiran yang lebih permisif tentang seks dan peningkatan frekuensi kegiatan seksual.

    Meskipun, kita perlu ingat tentang mandi bareng anak terlebih dalam kondisi nggak pakai baju sehelai pun, kembali lagi ke nilai dan kebiasaan yang berlaku di masing-masing keluarga ya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 6, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makanan Pendamping ASI

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore, saya mau tanya bu bidan. Apa yang bisa menjadi menu paling tepat sebagai makanan pengganti ASI untuk si kecil ? Mohon dijawab, Terimakasih

  • Oleh : Putri Kintamani
  • Tentang flek

  • Oleh : Arvindy Vindy
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok saya kan kemarin sempet telat haid 3 hari tapi sudah mengeluarkan flek dikit setetes, lalu ke 4 hari nya saya keluar darah lumayan lalu 5 – 8 hari balik sedikit keluarnya itu pun sekali kadang di singa hati aja, lalu ke 9 gak keluar lalu saat saya kerja keluar lagi darah sedikit pada siang hari dan ke 10 juga gitu , lalu ke 14 nya saya udah gak keluar ya dok, saya berhubungan sama suami saya pada pagi hari gpp kok siang balik keluar flek coklat lagi dok kenapa ya dok

    Bingung dengan seseorang yang ngasih harapan ke kita ngajak serius sedangkan dia

  • Oleh : fajar prasetyo
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dia tadinya mau ngajak serius sama saya dan saya juga mau serius sama dia …dan sedangkan dia punya pacar.
    Dia pernah ditinggal pacarnya nikah ?
    Saya takut kalau dia masih punya fikiran kalau menganggap cwo itu sama semua?

    Kencing nyeri di adik laki laki saya

  • Oleh : Agis Stya
  • 2 bulan yang lalu

    Apa solusi buat adik saya dok, kalo kencing katanya nyeri sama keluar nanahnya? Apa penyebabnya dan obat apa yg harus dibeli dok? 🙏

  • Oleh : Agis Stya
  • mengatasi gatal pada puting saat menyusui

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Siang bu, saya mau tanya. Saya adalah seorang ibu menyusui, terkadang puting saya terasa sangat gatal serta timbul bercak putih pada puting payudara saya, apakah ini termasuk kanker atau bagaimana bu? bagaimana cara menanganinya?

    Tanya Bidan