×

Si Kecil Susah Tidur Dan Suka Begadang? Coba Putar Musik Ini!

Bagikan Artikel :

Si Kecil Susah Tidur Dan Suka Begadang? Coba Putar Musik Ini!

Bunda masih suka begadang karena menemani si Kecil yang belum tidur? Padahal bunda sudah sangat mengantuk dan lelah. Tahukah bunda bahwa begadang tidak baik bagi bunda dan si kecil. Selain karena mempengaruhi kesehatan si kecil pertumbuhan si kecil pun kurang optimal apabila kualitas dan durasi tidur tidak teratur.

Related Posts :

    Sebab, hormon pertumbuhan diproduksi dan dialirkan ke seluruh tubuh dengan lebih maksimal sewaktu ia tidur, Bu. Sayangnya, tak semua bayi bisa dengan mudah masuk ke tahapan tidur nyenyak. Beberapa bayi bahkan sering kali rewel setiap kali diajak tidur.

    Jika si Kecil mengalami sulit tidur bunda tidak perlu khawatir sekarang, Menurut penelitian yang dilakukan para ahli, ada beberapa jenis musik yang bisa membantu Ibu membuat si Kecil lebih rileks jelang waktu tidurnya, lho.

    Musik Yang Mampu Membuat Rileks Dan Tidur Bagi Si Kecil

    1. Musik Klasik
      Musik klasik identik dengan nada-nada yang teratur, harmonis, dan berulang. Menurut para ahli, ketiga unsur ini membuat alunan nada musik klasik memiliki ritme yang mirip dengan ritme gerak janin dalam kandungan, Bun. Kemiripan ini kemudian membangkitkan memori si Kecil tentang pengalamannya saat masih berada di dalam rahim Ibu yang penuh ketenangan. Inilah sebabnya, si Kecil akan lebih mudah rileks bila Ibu memperdengarkan musik ini padanya jelang waktu tidur. Terkait hal ini, album lullaby dari Mozart bisa jadi pilihan, Bu.
    2. Musik Jazz
      Selain musik klasik, bunda juga bisa memperdengarkan alunan musik jazz pada si Kecil jelang waktu tidur. Dengan iramanya yang mengayun alias swinging, musik ini bisa membuat detak jantung bayi mungil Ibu perlahan melambat sehingga ia pun lebih tenang dan mudah mengantuk. bunda bisa mencoba memutarkan The Saxophone Album dari Jazz For Babies. Di era digital ini, album ini bisa bunda temukan dengan mudah di berbagai situs berbagi video.
    3. Musik Tradisional
      Bunda tentu setuju ya bahwa alunan gambang dan angklung bisa membuat pikiran lebih rileks sekaligus mengundang rasa kantuk? Nah, seperti halnya kita, si Kecil juga bisa merasakan hal ini saat mendengarkan alunan indah angklung, gambang, dan beragam alat musik tradisional lainnya. Jadi, tak melulu musik populer, bunda juga bisa memutarkan musik tradisional khas Indonesia yang ritmenya lambat jelang waktu tidur si Kecil, Bun. Seperti jenis musik yang lainnya, bunda bisa mendapatkan musik pengantar tidur tradisional ini di berbagai situs berbagi video.
    4. Musik Pop
      Supaya lebih variatif, bunda juga bisa memperdengarkan jenis musik pop lho. Meski alunan nadanya tak teratur seperti musik klasik ataupun mengayun seperti musik jazz, jenis musik ini bisa menjadi pilihan karena mampu memberikan unsur suara ritmik yang menenangkan bayi. Hal ini diungkapkan oleh Simon Cooper, seorang produser CD musik khusus untuk orang tua dan bayi. “Bayi membutuhkan suara ritmik untuk menenangkan mereka. Itulah yang mereka peroleh dalam kandungan (dari suara detak jantung dan helaan napas Ibu). Sejumlah musik pop dapat memenuhi hal ini,” tutur Simon.
      Oleh sebab itu, Ibu bisa memperdengarkan lagu “Angels” yang dipopulerkan oleh Robbie Williams atau “Wonderwall” yang dibawakan oleh grup musik Oasis. Sebagai info tambahan, menurut survei yang dilakukan The Baby Website, akhir-akhir ini, dua lagu ini menjadi favorit para Ibu di Inggris untuk menidurkan bayi mereka lho.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 4, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid tidak lancar setelah melahirkan

  • Oleh : wastini
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya istri saya mengalami haid yang tidak lancar setelah melahirkan namun di awal nipas haid istri saya lancar-lancar saja. Dan setelah itu selama 3 bulan istri saya tidak haid juga mohon penjelasannya apakah ini normal?

    Kehamilan

  • Oleh : uye (wanita)
  • 2 tahun, 12 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
    Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
    Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

    Berat badan anak

  • Oleh : Dica Rustiana
  • 5 bulan yang lalu

    Bu bidan anak saya umur 5 bulan tapi BB dia rendah cuma 5,6 asi saya cuma keluar dikit apa yg harus saya lakukan ??
    Saya kasih sufor tapi dia gk bisa pake botol dotnya kalo kasih bubur instan sudah boleh belum ya Bu ??
    Kalo sudah boleh bubur instan apa untuk penambah berat badan ank ??
    Mohon bantuannya Bu bidan terimakasih..

  • Oleh : Dica Rustiana
  • Menghadapi anak yang sulit diatur

  • Oleh : Cantika Rahayu
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, maaf sebelumnya saya tidak menanyakan bahasan kesehatan. Saya memiliki anak usia 8 tahun. Ia sekarang baru masuk kelas 3 SD. Sewaktu kecil anak saya itu nurut sama saya, tapi semakin besar kok dia malah sulit untuk diatur. Apa yang salah dengannya atau saya sendiri yang salah mendidiknya selama ini ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih

  • Oleh : Cantika Rahayu
  • ASI

  • Oleh : erni uli
  • 1 tahun yang lalu

    bu bidan saya saya seorang ibu yg lagi menyusui,anak saya baru berumur 2,5 bulan,waktu lahir asi saya blm keluar sampai hari ke 3 setelah operasi namu anak saya gak mau menyusui langsung,jadi saya harus pumping,sementara dari PD saya setia setengah jam asi sudah menetes,jadi per dua jam saya pumping bisa sampai 500-600 ml
    nah karena saya sdh kerja saya jarang pumping akhirnya sekarang asi saya terjun bebas sekali pumping cuma 60 ml,sedih bu bidan anak saya jadi rewel
    apa yg saya harus lakukam agar asi saya bisa kembali banyak ?
    dan apakah masih mungkin bisa banyak
    Terimakasih sebelumnya

    Tanya Bidan