×

Usia Berapa Si Kecil Dilatih Makan Sendiri?

Bagikan Artikel :

Usia Berapa Si Kecil Dilatih Makan Sendiri?

Setelah bai berusia 6 bulan, tentu akan diberikan makanan pendamping ASI atau yang disebut MPASI. Hal ini karena ASI saja sudah tidak cukup untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bayi.

Di waktu ini, penting sekali untuk bunda mengajarkan anak untuk mengenal berbagai bentuk, tekstur, dan rasa makanan. Anak yang sudah MPASI juga bertepatan dengan waktu tumbuh giginya sehingga ia disarankan untuk konsumsi finger food agar merangsang pertumbuhan giginya pula.

Awalnya, pasti anak membutuhkan bantuan bunda untuk menyuapi makanan. Ada waktu pula ketika Moms membiarkan anak untuk memegang makanannya sendiri walau masih berantakan.

Lalu, pada usia berapa sebaiknya anak belajar makan sendiri? Makan sendiri berarti bisa menggunakan peralatan makan sendiri dan bukan menggunakan tangan. Simak jawabannya berikut ini.

Berikan Waktu Anak Belajar Makan Sendiri

Semua harus berawal dari kemauan orangtua untuk memberikan waktu anak belajar makan sendiri tanpa perlu diinterupsi. Untuk makan dengan menggunakan alat makan, biasanya orangtua mengajarkan anak dari usia 13-20 bulan. Berikan kesempatan anak untuk makan sendiri walau awalnya pasti akan tumpah dan berantakan. Hindari pemikiran lebih baik disuapi agar praktis karena hal tersebut menghambat kemampuan motorik anak.

Menyuapi anak terus-terusan hingga ia besar bukanlah hal yang baik. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak makan sendiri. Bila dilakukan pada waktu dan dengan cara yang tepat, Si Kecil bisa dengan cepat terbiasa makan tanpa bantuan Bunda.

Tips Awal Agar Anak Makan Sendiri

Tips awal yang bisa bunda lakukan ketika mengajarkan anak untuk makan sendiri adalah memberikan sendok dan mangkuk untuk bermain tuang-menuang, atau bermain peras sponge dan air supaya genggamannya semakin kuat.

Tindakan ini melatih agar anak bisa memegang sendok dengan lebih stabil. Selagi bermain, selalu perhatikan kebersihan peralatan yang dipakai anak agar sistem kekebalan tubuh anak tetap terjaga.

Related Posts :

    Selama mengajarkan anak untuk makan sendiri, bunda memerlukan kesabaran. Tak perlu jengkel ketika anak menumpahkan makanan atau meja makan menjadi berantakan, karena itu adalah proses ia agar nantinya bisa makan dengan baik.

    Percayalah bahwa semuanya membutuhkan proses yang sedikit demi sedikit melatih kemampuan anak. Selain itu, sebaiknya tetapkan waktu makan yang rutin setiap harinya agar anak diajarkan untuk disiplin.

    Atur juga waktu makan tidak lebih dari 30 menit agar lebih maksimal. Beberapa hal sederhana ini akan melatih kemampuan anak untuk belajar mandiri dan konsisten. Saat anak belajar makan sendiri, pastikan juga makanan yang dikonsumsi mudah untuk ia kunyah. Memberikan makanan dengan beragam tekstur dan rasa tidak masalah, namun pastikan teksturnya masih mudah dicerna anak agar mencegah ia tersedak.

    Momen melatih anak makan sendiri menjadi momen yang tidak akan datang untuk kedua kalinya. Jadi, pastikan momen ini menjadi saat yang menyenangkan antara orangtua dan anak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 6, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sperma encer

  • Oleh : Sarah Safitri
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr wb bu bidan saya ingin bertanya apakah pada wanita juga bisa terjadi sperma encer? Lalu jika memang bisa bagaimana cara mengatasi? Karena sebelumnya saya menyadari saat keluar seperti keputihan bentuknya kental lalu kedua kalinya bening seperti air

    Penyakit kelamin

  • Oleh : Indah
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Di miss v saya tiba-tiba ada bintik kecil banyak itu kenapa ya? Dan cara mengatasinya gimna?

    Akibat di obat

  • Oleh : Sella Anggraeni
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bun selamat malam dan maaf menganggu waktunya semoga degan iklhas hati menerima curhatan saya, sedikit mau curhat ini bun dulu waktu kandungan umur 4 bulan di obat rencana mau di gugurin ternyata tidak berhasil setelah itu keluar darah kental dari V dan saya sangat kecewa bun sekarang anak saya lahir dengan bobot yang normal seperti biasa biasa apakah obatnya tidak bermasalah terimakasih☹️

  • Oleh : Sella Anggraeni
  • Masalah Haid

  • Oleh : saharani nur
  • 5 bulan, 4 minggu yang lalu

    Assalamualaikum Bu,maaf saya mau tanya! saya berusia 19thn terakhir haid itu sebelun Ramadan kemarin trus sampai Sekarang blm haid juga. itu gimana ya bu?

  • Oleh : saharani nur
  • mual, eneg saat makan, kehilangan nafsu makan saat hamil

  • Oleh : Mending Ora Usah Jenengan
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang ibu bidan, saya mau tanya apa ibu hamil yang mual-mual dan eneg saat makan itu wajar? Saya juga kehilangan nafsu makan jadinya, solusinya gimana ya?

  • Oleh : Mending Ora Usah Jenengan
  • Tanya Bidan