Buah yang Baik bagi Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Buah adalah hasil proses penyerbukan bunga yang dapat dimakan dan pada umumnya berdaging atau memiliki tekstur yang renyah. Sedangkan didalam arti lain, buah didefinisikan sebagai produk tanaman yang dapat dimakan yang terdiri atas biji dan jaringan yang melindunginya. Adapun dalam ilmu biologi buah didefinisikan sebagai hasil penyerbukan antara serbuk sari dan kepala putih. Nah, kalo masyarakat sendiri mendefiniskan buah sebagai produk tanaman yang memiliki aroma tertentu yang rasanya manis dan segar untuk dimakan serta kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Pada umumnya, buah digunakan sebagai makanan penutup.

    Jenis Buah yang Baik bagi Ibu Hamil Menjelang Proses Persalinan

    Pada belakangan ini, buah dan sayur diyakini merupakan sumber antioksidan alami yang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif pada manusia. Buah memiliki banyak kandungan seperti gizi, mineral, vitamin yang sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dari mulai berbagai manfaatnya sampai pantangannya sangat banyak bagi kesehatan, tidak terkecuali bagi ibu hamil yang mau melahirkan. Berbagai jenis buah bahkan disarankan untuk dikonsumsi pada periode tertentu, termasuk menjelang kelahiran sang buah hati. Berikut beberapa buah yang dapat membantu mengurangi resiko kesehatan di umur kehamilan 9 bulan mendekati masa melahirkan:

    Buah naga

    Buah yang berwarna merah yang dagingnya berwarna putih dan ada juga yang merah ini rasanya sangat manis ketika sudah matang. Buah ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil menjelang masa kelahiran sang buah hati kaerna kaya akan vitamin C sehingga akan mencegah ibu hamil dari serangan berbagai jenis penyakit.

    Pisang

    Mengandung zat besi dan mneral yang sangat baik untuk menu sarapan ibu hamil yang dicampur dengan gandum. Bahkan pisang dapat membantu mengurangi resiko anemis menjelang persalinan.

    Semangka

    Dari sekian banyak kandungan yang dimiliki oleh semangka, tentunya akan memiliki manfaat apabila dikonsumsi oleh Ibu hamil. Yang mana, kandungan tersebut, diantaranya karbohidrat, gula, kalium, fosfor, vitamin B6, vitamin A, magnesium, dan lainnya. Salah satu manfaat dari mengkonsumsi semangka oleh Ibu hamil ialah mencegah hiperpegmentasi saat hamil yang merupakan masalah kulit yang sering dialami. Hal tersebut mampu dicegah karena salah satu manfaat semangka yang lainnya, yaitu memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh Ibu hamil. Selain itu, kandungan air dalam semangka juga bisa membantu sang Ibu agar terhindar dari dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh.

    Apel

    Kaya nutrisi dan terdapat beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin C. Sedangkan untuk ibu hamil sendiri memiliki fungsi untuk mengatasi sembelit atau diare dan tentunya baik untuk perkembangan janin.

    Anggur

    Memiliki bentuk bulat atau elips yang terdapat biji kecil di dalam daging buahnya itu sangat berguna bagi ibu hamil karena anggur kaya antioksidan. Selain untuk mencegah kanker, anggur juga memiliki senyawa polifenol dan resveratol yang berfungsi untuk berbagai metabolisme tubuh antara lain memberikan asupan zat besi, dan sumber energi.

    Buah cherry dan kersen

    Memiliki kandungan nutrisi 20x lipat dari buah apel dan jeruk. manfaat untuk kehidupan sehar-hari yaitu untuk anti peradangan, melawan kanker, anti penduaan dini, menenangkan saraf karena kandungannya dapat melancarkan peredaran darah ke otak sehingga membuat sistem saraf lebih rileks. Sedangkan untuk ibu hamil, fungsinya untuk melancarkan pencernaan dan membantu kulit bayi sehat dan putih.

    Jambu air

    Mengandung vitamin A, vitamin C dan air itu dapat mengurangi dehidrasi, apalag untuk ibu hamil dapat mengurangi rasa haus, melancarkan pencernaan dan mengoptimalkan kinerja sel darah putih.

    Strawberry

    Nah, untuk jenis buah yang satu ini yaitu buah yang memilki warna merah berbintik hitam dan memiliki rasa manis dan asam yang tidak lain adalah strawberry itu memiliki kandungan vitamin C, vitamin B5, vitamin B6, vitamin K, magnesium, omega 3, dan masih banyak lagi. Buah ini bermanfaat untuk kecantikan karena kandungan vitamin C yang menyegarkan kulit, tetapi untuk ibu hamil strawberry berguna untuk merangsang nafsu makan dan membakar lemak makanan dalam tubuh, mencegah cacat prematur pada bayi dan mencegah cacat pada janin.

    Pir

    Kaya akan kandungan asam folat dapat membantu Ibu hamil dalam mencegah gangguan saraf atau resiko bayi terlahir dalam keadaan cacat. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga bermanfaat untuk daya tahan tubuh sebagai mampu menagkal kuman dan infeksi penyebab penyakit.

    Buah salak

    Merupakan salah satu buah asli Indonesia ternyata juga bermanfaat bagi Ibu hamil karena berbagai kandungan yang dimilikinya. Salak dapat mengatasi gangguan asam lambung pada Ibu hamil yang biasanya mengalami gejala mual dan muntah selama masa kehamilan.

    Jeruk

    Salah satu manfaat jeruk untuk ibu hamil adalah untuk menyegarkan dan banyak digemari memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk Ibu hamil, diantaranya folat, asam pantotenat kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, vitamin A, C, B1, B2, dan B6. Dari berbagai kandungan tersebut, satu yang paling dikenal ialah vitamin C yang dapat membantu sebagai sumber antioksidan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh.

    Buah kurma

    Sangat tidak asing bagi para umat muslim terlebih lagi bila menginjak bulan Ramadhan, menu buah kurma yang sering dikonsumsi untuk buka puasa ternyata memiliki banyak khasiatnya, kurma memiliki kandungan gula 60-70%, terdapat zat besi, kalium, dan vitamin B komplek sangat berguna untuk mengatasi kram pada ibu hamil, memperkuat dinding rahim, untuk masa kehamilan trimester akhir buah kurma pantas menjadi buah yang sering dikonsumsi sebagai sumber energi mempersiapkan untuk masa persalinan.

    Pepaya

    Enzim papain pada pepaya sangat berbahaya pada kehamilan, lalu bagaimana seharusnya mengkonsumsi pepaya ini. Untuk bunda, dapat mengkonsumsi pepaya yang sudah benar benar masak agar mengurangi resiko keguguran dan juga meminimalkan getah pada pepaya muda. Pepaya mempunyai kandungan serat tinggi yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Namun jika bunda takut mengkonsumsi pepaya ini, bunda dapat menggantikan dengan jenis buah yag lain.

    Selain jenis buah-buahan yang saya sebutkan tadi, Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori. Kalori dibuthkan oleh tubuh ibu hamil menjelang persalinan. Kalori akan membantu dalam proses penting tumbuh kembang janin dan mempersiapkan energi untuk proses persalinan. Berat badan ibu hamil yang berlebih akan mengakibatkan gangguan pada proses persalinan, begitu pula dengan ibu hamil yang mengalami berat badan yang kurang menjelang persalinan. Maka dari itu, sesuaikan porsinya untuk membantu menjaga kesehatan dan berat badan yang ideal untuk ibu hamil yang menjelang kehamilan seperti yang disarankan pula oleh para bidan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - September 17, 2016
    Diskusi Dari:
    Dian Poenya Raizo

    Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan? bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

    Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
    Diskusi Dari:
    Ramadhan

    Selamat siang bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan saya memang termasuk orang yang tidak suka makan sayur bahkan bisa di katakan sebelum hamilpun saya tidak pernah makan sayur. Nah berhubung sekarang saya lagi hamil saya agak khawatir nih takutnya nutrisi saya dan janin tidak tercukupi karena tidak mengkonsumsi sayuran. Apakah ada makanan pengganti sayur untuk ibu hamil yang tidak suka makan sayur?

    Dijawab Oleh : Ramadhan

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Hasya

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Sekarang ini lagi heboh penyebaran virus zika yang tengah masuk ke Singapura dan ditakutkan juga bisa masuk ke Indonesia. Lalu, bagaimana cara kita, terutama ibu hamil bisa terhindar dari virus zika tersebut ? Katanya yang dengar, virus zika bisa mengganggu perkembangan otak bayi dan membuatnya cacat otak. Mohon penjelasannya bu, terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    dorthymickle

    Selamat pagi, maaf bu bidan saya ingin menanyakan perihal kehamilan saya yang disertai dengan gejala kaki bengkak dan kini usia kehamilan saya menginjal trimester 3. Apakah hal ini wajar dan bagaimana cara mengatasinya ?

    Dijawab Oleh : dorthymickle