×

Panduan Tips Menjalankan Kehamilan Pada Trimester Kedua

Bagikan Artikel :

Dalam menjalani kehamilan pertama kali bagi calon ibu, Bunda sebaiknya memperhatikan hal-hal penting yang harus dilakukan ibu hamil, dan tetap menjaga kesehatan tubuh baik untuk kebaikan bunda, dan juga janinnya.

Terlebih saat kehamilan memasuki Trimester kedua, kewaspadaan pada ibu hamil juga harus ditingkatkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, untuk kali ini Curhat Bidan akan memberikan informasi penting untuk Anda, yaitu tentang Panduan Tips Menjalankan Kehamilan Pada Trimester Kedua. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui selengkapnya.

Pada saat kehamilan memasuki trimester kedua, tentu kandungan ibu hamil juga semakin berkembang. Diantaranya adalah mulai terbentuknya beberapa bagian tubuh bayi, seperti perkembangan kaki, pergelangan kaki dan lainnya. Maka dari itu banyak dari kasus ibu hamil yang mengalami pemengkakan di beberapa bagian tubuhnya dan membuat ibu hamil mengalami kegemukan. Namun tidak perlu khawatir, selama kondisi tersebut tidak menimbulkan masalah serius, maka dipastikan kondisi kehamilan baik-baik saja.

Related Posts :

    1. Melakukan konsultasi rutin ke dokter kandungan atau Bidan pilihan Anda.

    Sangat penting jika Bunda tetap memeriksakan kondisi kehamilan pada dokter kandungan atau bidan terdekat. Terlebih karena pada kehamilan trimester kedua, biasanya ibu hamil mengalami keluhan gangguan pada aluran darah yang berakibat pada wasir hingga varises. Jika sudah mengalami kondisi tersebut segeralah periksakan ke dokter, karena kehamilan dengan gangguan wasir ataupun varises berpotensi mengalami peningkatan pada hormon kehamilan secara berlebih.

    2. Selain itu, pastikan untuk mengkonsumsi makanan kaya akan serat.

    Saat bunda mengalami gangguan pencernaan seperti sulit buang air besar, bunda diharuskan untuk memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi sepeti sayuran, buah dan cukupi kebutuhan air minum untuk membantu melancarkan sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh.

    Berikut adalah tips lainnya yang bisa dilakukan ibu hamil dalam menjalani kehamilan sehat pada usia kehamilan trimester kedua.

    • Sebaiknya ibu hamil saat akan mengambil barang di lantai, hindari sikap tubuh membungkuk. Hal ini dilakukan agar perut tidak mengalami penekanan, cara yang tepat adalah dengan berjongkok secara perlahan dan berhati-hati.
      Ibu hamil juga sebaiknya menghindari aktifitas berat yang berisiko fatal hingga menyebabkan keguguran. Aktifitas berat seperti memutar tubuh dengan terlalu cepat, mendorong sesuatu, memanjat, berolahraga berat harus dihindari.
      Ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester kedua untuk lebih banyak beristirahat. Hal ii dikarenakan saat usia demikian, berbagai alat vital di dalam tubuh bekerja sangat keras, seperti organ jantung, paru-paru, ginjal, hati dan lainnya.
    • Memulai untuk merawat kesehatan payudara dengan memulai memijat puting susu juga membersihkannya dengan tujuan agar nanti ASI yang diproduksi lebih lancar, serta cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi bayi setelah lahir.
    • Memilih mengenakan bra yang pas dan tidak membuat sesak saat hamil dan menyusui nanti, karena payudara akan membesar akibat produksi ASI. Pilihlah bra dengan bahan yang menyerap keringat, menopang, dan membuat kulit terasa nyaman.
    • Untuk menghindari terjadinya varises, cara yang cermat dilakukan adalah membuat keadaan kaki lebih tinggi dibandingkan tubuh saat berbaring agar membuat peredaran darah di bagian kaki lebih lancar.
    • Hindari menggunakan sandal atau sepatu dengan hak tinggi, dan mulailah mengenakan sandal lembut, atau yang permukaannya datar.
    • Biasakan untuk mandi dengan air hangat untuk merilekskan tubuh. Selain itu lebih bermanfaat untuk membuat bunda dapat tidur nyenyak saat malam hari.
    • Tidak mengkonsumsi makanan yang digoreng, makanan pedas dan lebih banyak untuk mengkonsumsi makanan yang dikukus atau dipanggang.
    • Perhatikan juga dalam porsi makan, pastikan untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil saja namun lebih sering. Tapi, hindari mengkonsumsi makanan menjelang tidur, beri jeda minimal 1-2 jam agar pencernaan tidak sakit.
      Menghindari berdiri terlalu lama agar tidak menyebabkan varises, bengkak kaki hingga pingsan.
    • Selalu berfikit positif agar tenang, dan terhindar dari depresi yang bisa sewaktu-waktu terjadi dan akhirnya berpengaruh pada janin.

    Semoga bermanfaat bunda, salam!

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 30, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid

  • Oleh : Elsa Ramadhanti
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum dok, saya mau tanya awalnya saya tidak haid selama 1 tahun, dan saya periksa ke dokter katanya aman tidak ada penyakit lalu dikasih obat, setelah obatnya saya haid, namun dibulan selanjutnya keluar haid hanya bercak bercak darah namun berwarna coklat dan coklat muda itu juga keluarnya sedikit2 dok, kira kira aman ga ya dok cara mengatasinya bagaimana dok terimakasih

  • Oleh : Elsa Ramadhanti
  • Kapan ita melakukan tespek yg akurat?

  • Oleh : Nenih Nurjanah
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok selamat pagi ,saya ai nenih dok mau bertanya kapankah melakukan tespek agar hasil lebih akurat ?

    Sedikit cerita saya haid tnggl 29 desember nah pas masa subur setelah selesai haid saya rajin 2x sehari kadang 3xsehari melakukan HB ..
    Nah ini sudah satu minggu dan malam saya tiba tiba mual ntah saya masuk angin atau apa tpi tdi subuh saya iseng iseng tespeck tpi hasilnya agak samar banget garis kedua, dan d fto gak kelihatan bangt klw d fto hasilnya negatif tpi pas d terawang sma saya ada garis tipis bnggt yg satunya pekat.. apakah akurat klw ditespek seminggu setelah berhubungan atau ada baiknya nunggu sampe akhir bulan ? Gmna dok minta infonya trmkasih wasalam

    Keputihan

  • Oleh : Liviian Zhu
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya sebelumnya cara mengatasi keputihan yang berbau dab gatal bagaimna caranya,, saya sudah mengalami keputihan gak normal ini sdh bebrapa hari dan saya rasa saya tak percaya diri dengan suami saya.

    Hamil bagi penderita diabetes

  • Oleh : uye (wanita)
  • 6 tahun yang lalu

    Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

    Mau tanya

  • Oleh : Eko Agus Budi Susanto Agus
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok kenapa kok dari vagina saya kok keluar keputihan nerus dan kalo keluar kok selalu banya dok saya minta solusi dok

  • Oleh : Eko Agus Budi Susanto Agus
  • Tanya Bidan