×

Panduan Tips Menjalankan Kehamilan Pada Trimester Kedua

Bagikan Artikel :

Dalam menjalani kehamilan pertama kali bagi calon ibu, Bunda sebaiknya memperhatikan hal-hal penting yang harus dilakukan ibu hamil, dan tetap menjaga kesehatan tubuh baik untuk kebaikan bunda, dan juga janinnya.

Terlebih saat kehamilan memasuki Trimester kedua, kewaspadaan pada ibu hamil juga harus ditingkatkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, untuk kali ini Curhat Bidan akan memberikan informasi penting untuk Anda, yaitu tentang Panduan Tips Menjalankan Kehamilan Pada Trimester Kedua. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui selengkapnya.

Pada saat kehamilan memasuki trimester kedua, tentu kandungan ibu hamil juga semakin berkembang. Diantaranya adalah mulai terbentuknya beberapa bagian tubuh bayi, seperti perkembangan kaki, pergelangan kaki dan lainnya. Maka dari itu banyak dari kasus ibu hamil yang mengalami pemengkakan di beberapa bagian tubuhnya dan membuat ibu hamil mengalami kegemukan. Namun tidak perlu khawatir, selama kondisi tersebut tidak menimbulkan masalah serius, maka dipastikan kondisi kehamilan baik-baik saja.

1. Melakukan konsultasi rutin ke dokter kandungan atau Bidan pilihan Anda.

Related Posts :

    Sangat penting jika Bunda tetap memeriksakan kondisi kehamilan pada dokter kandungan atau bidan terdekat. Terlebih karena pada kehamilan trimester kedua, biasanya ibu hamil mengalami keluhan gangguan pada aluran darah yang berakibat pada wasir hingga varises. Jika sudah mengalami kondisi tersebut segeralah periksakan ke dokter, karena kehamilan dengan gangguan wasir ataupun varises berpotensi mengalami peningkatan pada hormon kehamilan secara berlebih.

    2. Selain itu, pastikan untuk mengkonsumsi makanan kaya akan serat.

    Saat bunda mengalami gangguan pencernaan seperti sulit buang air besar, bunda diharuskan untuk memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi sepeti sayuran, buah dan cukupi kebutuhan air minum untuk membantu melancarkan sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh.

    Berikut adalah tips lainnya yang bisa dilakukan ibu hamil dalam menjalani kehamilan sehat pada usia kehamilan trimester kedua.

    • Sebaiknya ibu hamil saat akan mengambil barang di lantai, hindari sikap tubuh membungkuk. Hal ini dilakukan agar perut tidak mengalami penekanan, cara yang tepat adalah dengan berjongkok secara perlahan dan berhati-hati.
      Ibu hamil juga sebaiknya menghindari aktifitas berat yang berisiko fatal hingga menyebabkan keguguran. Aktifitas berat seperti memutar tubuh dengan terlalu cepat, mendorong sesuatu, memanjat, berolahraga berat harus dihindari.
      Ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester kedua untuk lebih banyak beristirahat. Hal ii dikarenakan saat usia demikian, berbagai alat vital di dalam tubuh bekerja sangat keras, seperti organ jantung, paru-paru, ginjal, hati dan lainnya.
    • Memulai untuk merawat kesehatan payudara dengan memulai memijat puting susu juga membersihkannya dengan tujuan agar nanti ASI yang diproduksi lebih lancar, serta cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi bayi setelah lahir.
    • Memilih mengenakan bra yang pas dan tidak membuat sesak saat hamil dan menyusui nanti, karena payudara akan membesar akibat produksi ASI. Pilihlah bra dengan bahan yang menyerap keringat, menopang, dan membuat kulit terasa nyaman.
    • Untuk menghindari terjadinya varises, cara yang cermat dilakukan adalah membuat keadaan kaki lebih tinggi dibandingkan tubuh saat berbaring agar membuat peredaran darah di bagian kaki lebih lancar.
    • Hindari menggunakan sandal atau sepatu dengan hak tinggi, dan mulailah mengenakan sandal lembut, atau yang permukaannya datar.
    • Biasakan untuk mandi dengan air hangat untuk merilekskan tubuh. Selain itu lebih bermanfaat untuk membuat bunda dapat tidur nyenyak saat malam hari.
    • Tidak mengkonsumsi makanan yang digoreng, makanan pedas dan lebih banyak untuk mengkonsumsi makanan yang dikukus atau dipanggang.
    • Perhatikan juga dalam porsi makan, pastikan untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil saja namun lebih sering. Tapi, hindari mengkonsumsi makanan menjelang tidur, beri jeda minimal 1-2 jam agar pencernaan tidak sakit.
      Menghindari berdiri terlalu lama agar tidak menyebabkan varises, bengkak kaki hingga pingsan.
    • Selalu berfikit positif agar tenang, dan terhindar dari depresi yang bisa sewaktu-waktu terjadi dan akhirnya berpengaruh pada janin.

    Semoga bermanfaat bunda, salam!

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 30, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tanggal tepat masa subur

  • Oleh : Novita dwi
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Halow, saya mau tanya masalah masa subur
    Bln desember 2017 haid tgl 15
    Bulan januari 2018 haid tgl 8
    Tgl 21 januari 2018 menikah
    Bulan februari 2018 haid tgl 3
    Bulan maret 2018 haid tgl 1

    Yang saya mau tanyakan tgl brp saya tepat masa subur kalo dilihat siklus haid saya di atas..?
    Saya coba pakai alat ovutest tgl 13 maret 2018 jam 13.00 dan jam 19.00 garisnya 2 merah..
    Apakah itu menandakan saya dalam masa subur ?
    Mohon di jawab terimakasih..

    Cara mengatasi demam yang disertai diare pada anak 1 tahun

  • Oleh : Riri
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    Normalkah Kentut Melalui Vagina?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

    Tidak bisa ereksi di pagi hari

  • Oleh : Ario Hanindito
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat sore curhatbidan, saya mau nanya ini saya pada tgl 12, hari sabtu,minggu dan senin saya keluar air mani tanpa disadari. dan saya merasa nyeri pada bagian kantung kemih, esokannya saya meriang dan pergi ke dokter ternyata saya infeksi kantung kemih setelah itu paginya saya merasa tidak bisa ereksi pada pagi hari apakah saya impotensi atau karena infeksi ya?

    bahaya dari placenta previa

  • Oleh : Alesha Zahra
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi ibu bidan, saya mau tau apa sih bahaya dari placenta previa pada kehamilan?ditunggu jawabannya, terima kasih

    Tanya Bidan