×

Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

Bagikan Artikel :

Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil MudaBidan Online,- Saat hamil tentunya asupan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi sangat di perlukan karena nyatanya sangat bagus untuk kesehatan ibu dan janin. Selain sayuran nyatanya buah-buahan menjadi salah satu komponen yang tidak boleh terlupakan. Buah kaya akan kandungan vitamin dan mineral tidak hanya membuat tubuh lebih sehat namun juga bugar. Namun tentunya pada saat hamil kita tidak boleh sembarangan mengkonsumsi buah-buahan meskipun pada dasarnya semua buah bisa di konsumsi oleh ibu hamil namun dalam porsi yang pas tidak berlebihan.

Mungkin tidak jarang ibu hamil mendengar beberapa pantangan buah yang tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil salah satunya buah nanas. Namun perlu anda tahu jika semua buah dapat di konsumsi oleh ibu hamil namun dengan syarat harus menghinadri buah yang masih muda, buah yang mengandung alkohol, juga buah yang memiliki sifat panas di dalam perut. Kondisi saat hamil muda menjadi pantangan tersendiri bagi para ibu hamil berbagai asupan buah yang di konsumsi haruslah yang matang sempurna karena kondisi janin dalam kandungan yang masih lemah.

Berikut ini beberapa pantangan buah yang harus di hindari oleh ibu hamil untuk mencegah gangguan pada kehamilan:

Nanas muda
Sudah disebutkan seblumnya jika buah yang masih muda dapat berbahaya bagi ibu hamil apalagi saat hamil muda. Nyatanya buah nanas muda dapat meningkatkan resiko keguguran untuk ibu hamil pada trimester awal Tentu saja hal tersebut bukan hanya isapan jempol semata karena buah nanas muda mengandung enzim bromelain tinggi  dengan efek dapat membuat leher rahim menjadi semakin melunak hingga mendorong terjadinya persalinan dini.

Anggur
Buah anggur memang sangat enak di konsumsi apalagi saat cuaca panas, namun para ibu hamil harus mengurnagi porsi mengkonsumsi buah anggur. Apa sebabnya? nyatanya kanduangan gula pada buah anggur dapat berubah menjadi kandungan alokol di dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena kandungan gula pada anggur mengalami proses fermentasi pada lambung dan menghasilkan kandungan alkohol. Tentu saja anda tahu jika alkohol memiliki efek yang sangat buruk bagi kehamilan sepert dapat mengganggu prose pertumbuhan dan perkembangan janin karena sensasi panas dari kandungan alkohol pada anggur.

Durian
Durian
nyatanya mengandung alkohol dan asam arachidonat yang sangat berdampak
buruk bagi kesehatan. Dimana alkohol dapat menghambat pertumbuhan janin
hingga meningkatkan resiko bayi lahir prematur. Sedangkan asam
arachidonat merupakan senyawa kimia yang dapat meningkatkan
prostaglandin dimana senyawa tersebut dapat meningkatkan kontraksi rahim
hingga meningkatkan resiko keguguran apalagi untuk ibu hamil yang
memiliki riwayat darah tinggi.

Pepaya muda
Sudah
disebutkan sebelumnya jika buah yang masih muda harus di hindari ibu
hamil selain nanas muda, pepaya muda juga harus dihindari oleh ibu
hamil. Pepaya muda mengandung  lateks atau getah yang tinggi dimana
lateks bisa meningkatkan kontraksi rahim hingga keguguran.

Related Posts :

    Baca juga artikel lainnya:

    Tips Tidur Nyenyak dan Pulas Saat Hamil Trimester Tiga
    Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar
    Tips Cara Merangsang Kehamilan Yang Efektif
    Bahaya Ibu Hamil Marah-marah Bagi Perkembangan Janin
    Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 19, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Hamil atau tidak

  • Oleh : Khanifah Syafira
  • 2 minggu yang lalu

    Assalamuallaikum ibu bidan ..
    Saya mau tanya ..
    Saya sudah telat haid satu Minggu dan di keputihan saya ada bercak darah tapi cuma sedikit dan hanya terjadi dalam 2 hari .. setelah itu keputihan saya jadi banyak dan warnanya agak bening .. saya pikir saya hamil karna ciri2nya menuju ke arah tanda kehamilan tapi pas saya respek hasilnya negatif ..

    Apakah ada yang salah pada saya Bu ?

  • Oleh : Khanifah Syafira
  • Sakit dan perih

  • Oleh : Dika andriani
  • 3 tahun yang lalu

    Siang Dok. Saya mau konsultasi. Kenapa ya perut saya sering kali merasakan sakit dan juga perih terutama saat di malam hari terutama di bagian atas pusar. Selain itu, saya juga sering kali merasakan ada yang aneh dengan diri saya karena saya merasakan lapar tapi kok tidak nafsu makan. Ini kira kira kenapa ya dok? Saya sudah coba mengkonumsi obat maag tapi masih tetap saja rasa sakit itu muncul

    Menstruasi

  • Oleh : Elfi Zahra
  • 2 minggu, 5 hari yang lalu

    Mau tanya apakah di perbolehkan minum em kapul karna daya mentruasi nya telat

  • Oleh : Elfi Zahra
  • menstruasi tidak lancar

  • Oleh : Peggy Shintya
  • 2 minggu, 5 hari yang lalu

    Hallo dok, perkenalkan nama saya peggy.usia saya 22 tahun.saya mengalami menstruasi yang tidak lancar.saya tidak menstruasi paling lama selama 6 bulan. sekarang sayang sudah tidak menstruasi selama 4 bulan.saya ingin menanyakan apa itu bahaya atau tidak?dan apa yang saya harus lakukan.sedang kan saya lihat dan baca info di media internet selalu yang sudah menikah.sedangkan saya belum menikah.terima kasih

    Tanya Bidan