×

Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

Bagikan Artikel :

Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil MudaBidan Online,- Saat hamil tentunya asupan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi sangat di perlukan karena nyatanya sangat bagus untuk kesehatan ibu dan janin. Selain sayuran nyatanya buah-buahan menjadi salah satu komponen yang tidak boleh terlupakan. Buah kaya akan kandungan vitamin dan mineral tidak hanya membuat tubuh lebih sehat namun juga bugar. Namun tentunya pada saat hamil kita tidak boleh sembarangan mengkonsumsi buah-buahan meskipun pada dasarnya semua buah bisa di konsumsi oleh ibu hamil namun dalam porsi yang pas tidak berlebihan.

Mungkin tidak jarang ibu hamil mendengar beberapa pantangan buah yang tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil salah satunya buah nanas. Namun perlu anda tahu jika semua buah dapat di konsumsi oleh ibu hamil namun dengan syarat harus menghinadri buah yang masih muda, buah yang mengandung alkohol, juga buah yang memiliki sifat panas di dalam perut. Kondisi saat hamil muda menjadi pantangan tersendiri bagi para ibu hamil berbagai asupan buah yang di konsumsi haruslah yang matang sempurna karena kondisi janin dalam kandungan yang masih lemah.

Berikut ini beberapa pantangan buah yang harus di hindari oleh ibu hamil untuk mencegah gangguan pada kehamilan:

Nanas muda
Sudah disebutkan seblumnya jika buah yang masih muda dapat berbahaya bagi ibu hamil apalagi saat hamil muda. Nyatanya buah nanas muda dapat meningkatkan resiko keguguran untuk ibu hamil pada trimester awal Tentu saja hal tersebut bukan hanya isapan jempol semata karena buah nanas muda mengandung enzim bromelain tinggi  dengan efek dapat membuat leher rahim menjadi semakin melunak hingga mendorong terjadinya persalinan dini.

Anggur
Buah anggur memang sangat enak di konsumsi apalagi saat cuaca panas, namun para ibu hamil harus mengurnagi porsi mengkonsumsi buah anggur. Apa sebabnya? nyatanya kanduangan gula pada buah anggur dapat berubah menjadi kandungan alokol di dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena kandungan gula pada anggur mengalami proses fermentasi pada lambung dan menghasilkan kandungan alkohol. Tentu saja anda tahu jika alkohol memiliki efek yang sangat buruk bagi kehamilan sepert dapat mengganggu prose pertumbuhan dan perkembangan janin karena sensasi panas dari kandungan alkohol pada anggur.

Durian
Durian
nyatanya mengandung alkohol dan asam arachidonat yang sangat berdampak
buruk bagi kesehatan. Dimana alkohol dapat menghambat pertumbuhan janin
hingga meningkatkan resiko bayi lahir prematur. Sedangkan asam
arachidonat merupakan senyawa kimia yang dapat meningkatkan
prostaglandin dimana senyawa tersebut dapat meningkatkan kontraksi rahim
hingga meningkatkan resiko keguguran apalagi untuk ibu hamil yang
memiliki riwayat darah tinggi.

Pepaya muda
Sudah
disebutkan sebelumnya jika buah yang masih muda harus di hindari ibu
hamil selain nanas muda, pepaya muda juga harus dihindari oleh ibu
hamil. Pepaya muda mengandung  lateks atau getah yang tinggi dimana
lateks bisa meningkatkan kontraksi rahim hingga keguguran.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Tidur Nyenyak dan Pulas Saat Hamil Trimester Tiga
Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar
Tips Cara Merangsang Kehamilan Yang Efektif
Bahaya Ibu Hamil Marah-marah Bagi Perkembangan Janin
Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 19, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Mempertanyakan apakah keguguran apa tidak

  • Oleh : Santana jaya
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

    Perbedaan diare akibat alergi makanan dan akibat bakteri pada bayi

  • Oleh : Pradita
  • 1 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau tanya apa sih yang membedakan diare pada bayi akibat alergi makanan dan akibat bakteri. Soalnya saya bingung bayi saya diare dan entah penyebabnya dari apa mohon penjelasannya trims

    Mual Dan Muntah Di Awal Kehamilan

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang bu Dokter, saya mau bertanya. Saat ini saya sedang mengandung, dan usia kandungan saya baru meningjak 2 bulan. Saat ini saya sering sekali merasakan mual dan rasanya ingin muntah. Yang saya mau tanyakan apakah hal ini berbahaya dan bagai mana cara mengatasi masalah ini agar tidak berkepanjangan hingga kehamilan tua?

    kesehatan

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan? bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan