×

Posisi Tidur Yang Nyaman Dan Benar Bagi Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Hamil merupakan salah satu kondisi yang memang bahagia namun sering kali menimbulkan masalah bagi para ibu hamil. Saat sedang hamil, biasanya ada berbagai jenis masalah yang bisa terjadi ini seperti halnya dengan masalah posisi tidur. Ibu hamil ini sering kali lelah dan merasakan capek secara tiba tiba. Hal ini terjadi akibat adanya perubahan hormon saat sedang hamil. Selain itu, janin yang ada di dalam perut anda juga akan menimbulkan ketegangan pada tubuh yang akhirnya menimbulkan lelah dan cape yang lebih dibandingkan dengan mereka yang tidak sedang hamil. Ada beberapa posisi tidur yang nyaman dan benar bagi ibu hamil ini. Hal ini merupakan salah satu jenis hal yang memang perlu diperhatikan agar anda memiliki kesehatan janin yang memang sehat dan juga berkembang dengan sangat baik ini.

Related Posts :

    Berikut adalah beberapa tips yang memang bisa di lakukan oleh ibu hamil agar mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya, diantaranya adalah :


    • Menggunakan Bantal Tambahan
      Posisi tidur yang nyaman dan benar bagi ibu hamil trimester pertama ini adalah dengan memberikan bantal tambahan pada bagian bawah perut dan juga bagian lutut. Ini merupakan posisi yang benar bagi anda saat hamil di trimester pertama.
    • Memperbanyak Istirahat
      Biasanya, saat hamil ini kita membutuhkan lebih banyak jam tidur di bandingkan mereka yang tidak sedang hamil. Hal ini sangat disarankan karena sangat baik bagi kesehatan janin anda ini.
    • Menggunakan Bantal Panjang
      Bantal panjang yang menutupi dari punggung hingga perut ini pasti dibutuhkan oleh anda saat kehamilan trimester pertama. Hal ini merupakan salah satu hal yang memang sangat dibuthkan saat kehamilan.
    • Menetapkan Jam Malam
      Dengan menjadwalkan jam tidur saat malam hari ini dapat membuat anda dan janin yang ada dalam perut anda ini akan terbiasa dan bahkan akan mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya.
    • Tidur Miring Ke Kiri
      Untuk meningkatkan sirkulasi darah ke bagian jantung, ginjal, janin hingga ke arah rahim saat trimester ke tiga ini, sebaiknya anda tidur dengan posisi mirig ke sebelah kiri, hal ini sangat baik di lakukan oleh anda
    • Tidur Dengan Posisi Leher Dan Kepala Terangkat
      Tidur dengan posisi yang satu ini d percaya dapat menurunkan resiko asam lambung pada tubuh anda.
    • Atasi Kram
      Kram merupakan salah satu jenis masalah yang sering kali datang pada ibu hamil. Kondisi ini merupakan salah satu kondisi yang memang harus selalu anda waspadai karena kram ini merupakan masalah yang cukup serius jika dibiarkan begitu saja. Untuk mengatasi masalah yang satu ini anda bisa dengan menggerakan kaki anda ke bagian atas tempat tidur. Ini merupakan solusi yang paling tepat di lakukan.

    Itulah beberapa jenis hal yang memang perlu ibu hamil ketahui agar kesehatan janin yang ada di dalam rahim tetap sehat dan juga terjaga. Dengan memperhatikan hal diatas, maka anda akan terhindar dari hal hal yang memang membahayakan kesehatan janin anda ini. Kondisi ini merupakan salah satu jenis kondisi yang memang perlu sangat anda perhatikan saat anda ingin memiliki kesehatan janin yang sesungguhnya. Tubuh sehat dan juga terhindar dari adanya masalah yang membahayakan kesehatan janin anda ini.

               Baca Juga : Pantangan Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 29, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Susah Hamil Setelah Mengalami Keguguran

  • Oleh : Siti Rohmah
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

  • Oleh : Siti Rohmah
  • gatal gatal saat hamil

  • Oleh : heidi8931881
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa lebih nyaman pada saat gatal itu langsung di garuk tapi kalo kelamaan di garuk badan saya gampang terluka. itu saja bu, ditunggu jawabannya.

    Ciri2 ibu hamil terkena rubella dan sejenisnya

  • Oleh : Rara Anteng
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok mau tanya. Pas hamil 5 bln saya masuk rumah sakit karna semua otot saya sakit dan panas juga setelah itu memasuki usia kandungan 30w jari kaki tengah saya sakit sprt kesemutan itu sampai 1bln tidak hilang2. Dan sekarang memasuki 37w saya malah flu atau sering keluar lendir di hidung dan mulut apakah itu ciri2nya virus rubella dok, secara kerja saya sering berinteraksi dgn anak2 yg terkena rubella dari kandungan . terimakasih

    Telat menstruasi

  • Oleh : Sulis Setyawati
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya saya kn gk pernah telat menstruasi.tapi bulan ini saya gk menstruasi sama sekali..dan saya tes kok hasilnya garis satu

    Mengenai Masalah Gangguan Kesehetan Baby Blues

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • Tanya Bidan