×

Posisi Tidur Yang Nyaman Dan Benar Bagi Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Hamil merupakan salah satu kondisi yang memang bahagia namun sering kali menimbulkan masalah bagi para ibu hamil. Saat sedang hamil, biasanya ada berbagai jenis masalah yang bisa terjadi ini seperti halnya dengan masalah posisi tidur. Ibu hamil ini sering kali lelah dan merasakan capek secara tiba tiba. Hal ini terjadi akibat adanya perubahan hormon saat sedang hamil. Selain itu, janin yang ada di dalam perut anda juga akan menimbulkan ketegangan pada tubuh yang akhirnya menimbulkan lelah dan cape yang lebih dibandingkan dengan mereka yang tidak sedang hamil. Ada beberapa posisi tidur yang nyaman dan benar bagi ibu hamil ini. Hal ini merupakan salah satu jenis hal yang memang perlu diperhatikan agar anda memiliki kesehatan janin yang memang sehat dan juga berkembang dengan sangat baik ini.

Berikut adalah beberapa tips yang memang bisa di lakukan oleh ibu hamil agar mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya, diantaranya adalah :


Related Posts :
    • Menggunakan Bantal Tambahan
      Posisi tidur yang nyaman dan benar bagi ibu hamil trimester pertama ini adalah dengan memberikan bantal tambahan pada bagian bawah perut dan juga bagian lutut. Ini merupakan posisi yang benar bagi anda saat hamil di trimester pertama.
    • Memperbanyak Istirahat
      Biasanya, saat hamil ini kita membutuhkan lebih banyak jam tidur di bandingkan mereka yang tidak sedang hamil. Hal ini sangat disarankan karena sangat baik bagi kesehatan janin anda ini.
    • Menggunakan Bantal Panjang
      Bantal panjang yang menutupi dari punggung hingga perut ini pasti dibutuhkan oleh anda saat kehamilan trimester pertama. Hal ini merupakan salah satu hal yang memang sangat dibuthkan saat kehamilan.
    • Menetapkan Jam Malam
      Dengan menjadwalkan jam tidur saat malam hari ini dapat membuat anda dan janin yang ada dalam perut anda ini akan terbiasa dan bahkan akan mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya.
    • Tidur Miring Ke Kiri
      Untuk meningkatkan sirkulasi darah ke bagian jantung, ginjal, janin hingga ke arah rahim saat trimester ke tiga ini, sebaiknya anda tidur dengan posisi mirig ke sebelah kiri, hal ini sangat baik di lakukan oleh anda
    • Tidur Dengan Posisi Leher Dan Kepala Terangkat
      Tidur dengan posisi yang satu ini d percaya dapat menurunkan resiko asam lambung pada tubuh anda.
    • Atasi Kram
      Kram merupakan salah satu jenis masalah yang sering kali datang pada ibu hamil. Kondisi ini merupakan salah satu kondisi yang memang harus selalu anda waspadai karena kram ini merupakan masalah yang cukup serius jika dibiarkan begitu saja. Untuk mengatasi masalah yang satu ini anda bisa dengan menggerakan kaki anda ke bagian atas tempat tidur. Ini merupakan solusi yang paling tepat di lakukan.

    Itulah beberapa jenis hal yang memang perlu ibu hamil ketahui agar kesehatan janin yang ada di dalam rahim tetap sehat dan juga terjaga. Dengan memperhatikan hal diatas, maka anda akan terhindar dari hal hal yang memang membahayakan kesehatan janin anda ini. Kondisi ini merupakan salah satu jenis kondisi yang memang perlu sangat anda perhatikan saat anda ingin memiliki kesehatan janin yang sesungguhnya. Tubuh sehat dan juga terhindar dari adanya masalah yang membahayakan kesehatan janin anda ini.

               Baca Juga : Pantangan Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 29, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sakit payudara

  • Oleh : Pah Udin
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Mbk. Pa obat payudara istri sy yg sedang sakit sebelah. Ksian istri sy lg menyusui, umur 2 bulan. Skitx dsebelah kanan. Tidak bisa keluar asix. Mintol slusix mbak.

    Anak Batuk

  • Oleh : Lutfi Maharani
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan sering kali terlihat seperti yang susah sekali untuk bernafas. Yang saya mau tanyakan, kira kira ini jenis masalah kesehatan apa? Dan bagian mana solusi yang tepat untuk mengatasinya?

    Mens berkepanjangan

  • Oleh : Wiwin Anand
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Mf bu saya sudah menikah 4 thn tapi blum dpat keturunan.. saya klo mens berhentinya lama hampir sebulan kadang sebulan lebih.. mens kaya gini udah 7 tahunan

    Konsultasi KB

  • Oleh : Tika
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
    saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
    harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
    Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
    tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

    Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
    jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
    setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

    pertanyaan nya:
    kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

    Terima Kasih.

    Darah keluar

  • Oleh : Fajar Fajar
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum kak,
    Saya mau tnya istri sya kluar bercak darah pda selang waktu 1hari setelah berhubungan, apakah itu tnda kehamilan?

  • Oleh : Fajar Fajar
  • Tanya Bidan