×

Jarang Melakukan Hubungan Intim, Bahkan Diajakpun Menolak. Ini Lho Penyebabnya!

Bagikan Artikel :

Jarang Melakukan Hubungan Intim, Bahkan Diajakpun Menolak. Ini Lho Penebabnya!

Bagi beberapa orang mungkin menganggap jika pasangan jarang berhungan atau bahkan ketika diajakpun menolak artinya cinta mulai memudar atau hilang. Menurunnya gairah seksual faktanya dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi. Anda tidak bisa langsung mengklaim pasangan tidak menecintai atau adanya orang ketiga. Simak penjelasan berikut untuk tahu alasan di balik berhubungan intim jarang dilakukan.

Penyebab Pasangan Jarang Berhubungan Intim

  1. Kelelahan
    Berbagai aktivitas sehari-hari, mulai dari bangun tidur, antar anak sekolah, terjebak macet, hingga bekerja, membuat Anda kelelahan ketika mengakhiri hari. Ketika sudah waktunya tidur, seks adalah hal terakhir yang Anda pikirkan dan inginkan. Alhasil, gairah seksual menurun sehingga berhubungan intim pun menjadi semakin jarang dilakukan. Tak hanya itu, kelelahan akibat menjalani operasi atau mengalami penyakit tertentu juga dapat menyebabkan gairah menurun.
    Jika Anda seorang istri dan merasa suami sekarang sudah jarang mengajak berhubungan intim atau sebaliknya, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa hal ini terjadi. Nah, kemungkinan kelelahan menjadi salah satu penyebab pasangan jarang mengajak berhubungan intim.
  2. Terjebak rutinitas
    Wajar-wajar saja Anda dan pasangan mengalami kebosanan satu sama lain, terutama jika Anda berdua sudah tahunan hidup bersama. Terlalu sering bersama menyebabkan Anda terlalu familier dengan pasangan sehingga mungkin ketertarikan terhadap satu sama lain akan menurun. Jika Anda tak lagi merasa si dia menggairahkan seperti dulu, mungkin ini karena Anda dan pasangan terjebak dalam rutinitas seks yang itu-itu saja.
  3. Gaya hidup tidak sehat
    Terbiasa melakukan gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menurunkan gairah seksual sehingga semakin jarang ingin berhubungan seksual. Gaya hidup tidak sehat tersebut termasuk mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan dan memiliki ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang. Tak hanya itu, merokok ternyata juga dapat mengacaukan gairah seksual Anda sehingga hasrat untuk berhubungan intim terus berkurang.
  4. Hubungan bermasalah
    Salah satu faktor penting yang memengaruhi gairah seksual Anda dan pasangan adalah hubungan yang tengah dijalani. Apakah Anda dan pasangan merasa bahagia? Anda dan pasangan mungkin jarang berhubungan intim karena sedang mengalami masalah dalam hubungan, seperti terdapat konflik atau perkelahian yang tidak terselesaikan, kurangnya komunikasi tentang kebutuhan dan kesukaan dalam hal seksual, dan masalah kepercayaan.
  5. Masalah psikologis
    Keadaan pikiran yang tidak bahagia mungkin menjadi jawaban mengapa suami jarang mengajak istri berhubungan intim, begitu juga sebaliknya. Berbagai masalah psikologis yang mungkin bisa membuat Anda dan pasangan jarang berhubungan intim, seperti stress, kecemasan, depresi dan lain-lain.
  6. Bertambahnya usia
    Penurunan gairah seksual memang bukan bagian dari penuaan, tetapi hal tersebut sering dialami pria dan wanita seiring dengan bertambahnya usia. Situs The National Health Service (NHS) menyatakan bahwa ada beberapa hal yang menjadi penyebab penurunan gairah seksual ketika umur semakin bertambah, yaitu penurunan kadar hormon seks (estrogen dan testosteron) sebelum, selama, dan setelah menopause pada wanita, kadar hormon seks pria (testosteron) menurun, masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia, hingga efek samping obat.
  7. Kehamilan, persalinan, dan proses menyusui
    Perubahan hormon selama kehamilan, persalinan, hingga proses menyusui dapat menurunkan gairah seksual. Inilah sebabnya Anda atau pasangan menjadi lebih jarang berhubungan intim selama atau setelah proses-proses tersebut. Kelelahan, perubahan citra tubuh, dan tekanan kehamilan atau perawatan bayi baru lahir juga dapat menyebabkan perubahan hasrat seksual Anda.
  8. Gangguan kesehatan
    Kondisi medis jangka panjang juga dapat memengaruhi gairah seksual Anda. Hal ini mungkin disebabkan oleh tekanan fisik dan emosional akibat kondisi ini, atau mungkin merupakan efek samping pengobatan. Gangguan atau kondisi kesehatan yang mungkin memengaruhi gairah seksual termasuk penyakit jantung, diabetes dan lain-lain.
  9. Obat-obatan
    Terdapat beberapa obat-obatan yang dapat menurunkan gairah seksual, terutama antidepresan yang disebut selective serotonin reuptake inhibitor. Selain itu, obat-obatan yang dapat membuat Anda dan pasangan jarang berhubungan intim adalah obat untuk tekanan darah tinggi, obat antipsikotik, seperti haloperidol, obat kejang, seperti topiramate, obat untuk kanker prostat, seperti cyprotene, serta kontrasepsi hormonal.
    Kondisi-kondisi tersebut dapat terjadi pada siapa saja, namun, Anda perlu memperhatikan efek samping jika tak berhubungan intim terlalu lama. Jika kondisi-kondisi di atas mengganggu kehidupan seksual Anda dengan pasangan, segera hubungi dokter atau psikolog.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 20, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan

  • Oleh : Hilya Elzima
  • 1 tahun yang lalu

    Hari ke 8 haid lendir servix saya meningkat hingga hari ke 10 kadang lebih.
    Keputihan banyak, berwarna bening namun bersererat putih susu (banyak sekali) tidak gatal juga tidak bau, namun disertai bercak darah segar namun sedikit..

  • Oleh : Hilya Elzima
  • Menstuasi

  • Oleh : Ami Sumiyati
  • 11 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok knpa ya saya KB yang 3 bln tpi mens trus.trus saya ganti KB yg andalan.mens nya lama bahkan smpe 1bulan lebih.tpi darah nya gk bnyk sih???

  • Oleh : Ami Sumiyati
  • Sakit tifes

  • Oleh : Chika ELlo
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

    Haid

  • Oleh : Kireina Adinda
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Permisi dok, saya mau minta petunjuk…
    Saya umurnya 12 thn dan saya mens ny deras.apakah itu normal?

  • Oleh : Kireina Adinda
  • Kehamilan

  • Oleh : Putri anggreani
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, maaf saya mau tanya ni 1 minggu yg lalu saya test pack hasil nya positif garis 2 , terus gejala yg saya alami itu mual muntah, kram perut atau sakit seperti menusuk², kdang saya sering sakit perut mules seperti ingin bab tetapi tidak bab bu, pertanyaan saya apakah itu normal bu?

  • Oleh : Putri anggreani
  • Tanya Bidan