×

Tahapan-tahapan Respon Seksual Pria Dan Wanita

Bagikan Artikel :

fase respon seksual

Siklus respon seksual adalah tahapan yang terjadi saat melakukan kegiatan seksual. Secara ilmiah siklus respon seksual diartikan sebagai perubahan fisik dan emosional yang terjadi saat seseorang terangsang dan merangsang secara seksual melalui kegiatan seksual. Siklus respon seksual dapat dirasakan saat seksual dan masturbasi.

Peningkatan Bertahap Dalam Rangsangan Seksual Wanita

1. Keluarnya lubrikan dari vagina (pelicin alami)

2. Pintu lubang vagina membuka

3. Peningkatan sensitivitas pada klitoris

4. Terjadi ereksi puting dan peningkatan ukuran payudara

Peningkatan Bertahap Dalam Rangsangan Seksual Pria

1. Ereksi penis

2. Penebalan skrotum

3. Pembesaran skrotum

Related Posts :

    4. Ereksi puting susu

    Siklus Respons Seksual

    1. Fase kehendak/libido seksual (sexual desire/libido)

    Fase ini terdiri dari berbagai fantasi, imajinasi, khayalan tentang aktivitas seksual dan kehendak/ dorongan yang berhubungan dengannya.

    2. Fase perangsangan seksual (sexual excitement, arousal)

    Fase ini terdiri dari perasaan subjektif tentang rangsang seksual, kenikmatan, dan perubahan fi siologis yang menyertai. Perubahan utama pada pria adalah penis mulai berdiri dan menegang. Sedangkan pada wanita, ditandai dengan menyempitnya pembuluh darah di panggul, pelumasan (lubrikasi) dan “pengembangan” vagina, “pembengkakan” organ kelamin luar.

    3. Fase plateau

    Ini fase menuju orgasme. Testis pria tertarik ke skrotum. Vagina terus “mengembang” karena aliran darah meningkat, klitoris menjadi sangat sensitif. Pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah meningkat secara bertahap. Spasme otot mulai terjadi di wajah, tangan, kaki seiring dengan meningkatnya tegangan otot-otot.

    4. Fase orgasme

    Fase ini merupakan puncak (climax) kenikmatan seksual yang diiringi kontraksi ritmis dan pelepasan tegangan seksual yang kuat dan mendadak. Pada pria, terjadi kontraksi ritmis otot-otot dasar penis, diikuti dengan ejakulasi. Pada wanita, vagina berkontraksi.

    5. Fase resolution (refl ection, satisfaction)

    Fase terakhir, fi nal, istirahat, ditandai dengan keintiman/kemesraan yang meningkat, suasana nyaman, relaksasi otot, kelelahan. Kepuasan pasangan merupakan hal penting pada fase ini.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi Setelah Melakukan Hubungan Suami Istri

  • Oleh : ALif AL Maun Yoyox
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, Melakukan hubungan pasangan suami istri sebelum masa menstruasi itu apakah termasuk pada masa subur ? Tapi kalau setelah berhubungan intim lalu terdapat darah haid bagaimana, apa kemungkinan bulan besoknya saya bisa hamil atau harus melakan hubungan pasangan suami istri lagi bu ? Terima kasih sebelumnya.

  • Oleh : ALif AL Maun Yoyox
  • Sakit pinggang di usia kehamilan 7 bulan

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • 3 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil ? Saya sedang hamil 7 bulan, sering mengeluhkan sakit pinggang.

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • Berhubungan Seks

  • Oleh : Sherly davies
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

    cara menjaga kesehatan anak balita

  • Oleh : Chika ELlo
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan, selamat siang…
    Nama saya Milla Natalia, saya seorang ibu rumah tangga dan baru memiliki 1 anak laki-laki usianya mau menginjak 3 tahun. Nah bu bidan, anak saya ini hiperaktif dan bisa di bilang cepat pertumbuhannya. Tapi dengan cuaca seperti ini yang kadang terang dan tiba-tiba hujan bagaimana cara kami sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak kami agar tidak mudah terserang penyakit bu bidan? karena kami takut salah apa saja yang harus dilakukan di usia yang mau menginjak 3 tahun ini. Terimakasih bu bidan, ditunggu solusinya.
    Wassalamm…

  • Oleh : Chika ELlo
  • Apakah Ada Cara Untuk Meringankan Rasa Sakit Saat Bersalin?

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Sore bu bidan, alhamdulillah bulan ini menginjak usia kehamilan 9 bulan. Dan ini adalah kehamilan kedua saya. Biasanya saat menuju proses lahiran ada beberapa rasa sakit, apakah ada beberapa tips untuk meringankannya? Saya khawatir, karena kelahiran anak saya yang pertama itu rasa sakitnya parah sekali bu bidan.
    Saya tunggu jawabannya ya, terimakasih 🙂

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan