×

Tahapan-tahapan Respon Seksual Pria Dan Wanita

Bagikan Artikel :

fase respon seksual

Siklus respon seksual adalah tahapan yang terjadi saat melakukan kegiatan seksual. Secara ilmiah siklus respon seksual diartikan sebagai perubahan fisik dan emosional yang terjadi saat seseorang terangsang dan merangsang secara seksual melalui kegiatan seksual. Siklus respon seksual dapat dirasakan saat seksual dan masturbasi.

Peningkatan Bertahap Dalam Rangsangan Seksual Wanita

1. Keluarnya lubrikan dari vagina (pelicin alami)

2. Pintu lubang vagina membuka

3. Peningkatan sensitivitas pada klitoris

4. Terjadi ereksi puting dan peningkatan ukuran payudara

Peningkatan Bertahap Dalam Rangsangan Seksual Pria

1. Ereksi penis

2. Penebalan skrotum

3. Pembesaran skrotum

4. Ereksi puting susu

Siklus Respons Seksual

1. Fase kehendak/libido seksual (sexual desire/libido)

Fase ini terdiri dari berbagai fantasi, imajinasi, khayalan tentang aktivitas seksual dan kehendak/ dorongan yang berhubungan dengannya.

Related Posts :

    2. Fase perangsangan seksual (sexual excitement, arousal)

    Fase ini terdiri dari perasaan subjektif tentang rangsang seksual, kenikmatan, dan perubahan fi siologis yang menyertai. Perubahan utama pada pria adalah penis mulai berdiri dan menegang. Sedangkan pada wanita, ditandai dengan menyempitnya pembuluh darah di panggul, pelumasan (lubrikasi) dan “pengembangan” vagina, “pembengkakan” organ kelamin luar.

    3. Fase plateau

    Ini fase menuju orgasme. Testis pria tertarik ke skrotum. Vagina terus “mengembang” karena aliran darah meningkat, klitoris menjadi sangat sensitif. Pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah meningkat secara bertahap. Spasme otot mulai terjadi di wajah, tangan, kaki seiring dengan meningkatnya tegangan otot-otot.

    4. Fase orgasme

    Fase ini merupakan puncak (climax) kenikmatan seksual yang diiringi kontraksi ritmis dan pelepasan tegangan seksual yang kuat dan mendadak. Pada pria, terjadi kontraksi ritmis otot-otot dasar penis, diikuti dengan ejakulasi. Pada wanita, vagina berkontraksi.

    5. Fase resolution (refl ection, satisfaction)

    Fase terakhir, fi nal, istirahat, ditandai dengan keintiman/kemesraan yang meningkat, suasana nyaman, relaksasi otot, kelelahan. Kepuasan pasangan merupakan hal penting pada fase ini.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Persalinan Caesar

  • Oleh : Day
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Persalinan pertama saya mengalami gangguan medis yang mengharuskan saya operasi caesar, dan yang mau saya tanyakan adakah resiko bagi saya yang sebelumnya melakukan operasi caesar, dan lantas dikehamilan kedua saya ingin memlih jalan persalinan normal ? Mohon penjelasannya bu bidan

    Tanggal tepat masa subur

  • Oleh : Novita dwi
  • 1 tahun yang lalu

    Halow, saya mau tanya masalah masa subur
    Bln desember 2017 haid tgl 15
    Bulan januari 2018 haid tgl 8
    Tgl 21 januari 2018 menikah
    Bulan februari 2018 haid tgl 3
    Bulan maret 2018 haid tgl 1

    Yang saya mau tanyakan tgl brp saya tepat masa subur kalo dilihat siklus haid saya di atas..?
    Saya coba pakai alat ovutest tgl 13 maret 2018 jam 13.00 dan jam 19.00 garisnya 2 merah..
    Apakah itu menandakan saya dalam masa subur ?
    Mohon di jawab terimakasih..

    Olahraga yang tepat dan aman dilakukan oleh ibu hamil

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu bidan, apa boleh ibu hamil mengikuti olahraga? dan sebaiknya olahraga apa yang harus dipilih saat hamil?

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • Pil Kontrasepsi

  • Oleh : zane65n04843
  • 1 tahun yang lalu

    Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan

    Tips bagi ibu menyusui yang berpuasa

  • Oleh : ii ihah
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu, saya mau konsultasi nih saat ini anak saya baru saja menginjak usia 6 bulan dan saya sudah berniat mau puasa. Apakah ada dampaknya jika saya puasa sama produksi ASI saya dan apa ada tips bagi ibu menyusui yang berpuasa? mohon penjelasannya trims

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan