×

Tahapan-tahapan Respon Seksual Pria Dan Wanita

Bagikan Artikel :

fase respon seksual

Siklus respon seksual adalah tahapan yang terjadi saat melakukan kegiatan seksual. Secara ilmiah siklus respon seksual diartikan sebagai perubahan fisik dan emosional yang terjadi saat seseorang terangsang dan merangsang secara seksual melalui kegiatan seksual. Siklus respon seksual dapat dirasakan saat seksual dan masturbasi.

Peningkatan Bertahap Dalam Rangsangan Seksual Wanita

1. Keluarnya lubrikan dari vagina (pelicin alami)

2. Pintu lubang vagina membuka

3. Peningkatan sensitivitas pada klitoris

4. Terjadi ereksi puting dan peningkatan ukuran payudara

Peningkatan Bertahap Dalam Rangsangan Seksual Pria

1. Ereksi penis

2. Penebalan skrotum

3. Pembesaran skrotum

4. Ereksi puting susu

Related Posts :

    Siklus Respons Seksual

    1. Fase kehendak/libido seksual (sexual desire/libido)

    Fase ini terdiri dari berbagai fantasi, imajinasi, khayalan tentang aktivitas seksual dan kehendak/ dorongan yang berhubungan dengannya.

    2. Fase perangsangan seksual (sexual excitement, arousal)

    Fase ini terdiri dari perasaan subjektif tentang rangsang seksual, kenikmatan, dan perubahan fi siologis yang menyertai. Perubahan utama pada pria adalah penis mulai berdiri dan menegang. Sedangkan pada wanita, ditandai dengan menyempitnya pembuluh darah di panggul, pelumasan (lubrikasi) dan “pengembangan” vagina, “pembengkakan” organ kelamin luar.

    3. Fase plateau

    Ini fase menuju orgasme. Testis pria tertarik ke skrotum. Vagina terus “mengembang” karena aliran darah meningkat, klitoris menjadi sangat sensitif. Pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah meningkat secara bertahap. Spasme otot mulai terjadi di wajah, tangan, kaki seiring dengan meningkatnya tegangan otot-otot.

    4. Fase orgasme

    Fase ini merupakan puncak (climax) kenikmatan seksual yang diiringi kontraksi ritmis dan pelepasan tegangan seksual yang kuat dan mendadak. Pada pria, terjadi kontraksi ritmis otot-otot dasar penis, diikuti dengan ejakulasi. Pada wanita, vagina berkontraksi.

    5. Fase resolution (refl ection, satisfaction)

    Fase terakhir, fi nal, istirahat, ditandai dengan keintiman/kemesraan yang meningkat, suasana nyaman, relaksasi otot, kelelahan. Kepuasan pasangan merupakan hal penting pada fase ini.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Hamil

  • Oleh : Obey Hungkul
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang dok saya mau bertanya, saya telat haid 4hari tapi setelah di test pack hasilnya negatif dok, apa ada kemungkinan untuk saya hamil ? Atau bagaimana ya dok. Terimakasih

    Pantangan ibu hamil

  • Oleh : FR
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bolehkah ibu hamil usia 40 minggu banyak makan buah nanas ?

    Kehamilan

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • 8 bulan, 4 minggu yang lalu

    Halo dok ,Maaf saya mau tanya , Saya berhubungan pas masa subur , nah pas 6 hari setelah behubungan itu , saya coba testpack hasilnya positif samar , sengaja gak saya test lagi nungguin sampai tgl haid .. Tapi pas 2 setelah hasil positif samar itu saya ngrasain kram perut yg gak kek biasanya saya mau haid dok , punggung bagian bawah sakit , itu terus sampe tgl haid telat 2 hari baru keluar darah , darahnya agak merah , hari pertama biasanya saya haid itu ga banyak tp ini hari pertama udah banyak ,pas hari ke 2-3 keluar gumpalan dok , dan masih keluar banyak sampe hari ke 6 . Itu saya keguguran dini apa gimana ya dok ?? Terima kasih ..
    Harap kasih dijawab ya dok 🙂

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • Ciri2 ibu hamil terkena rubella dan sejenisnya

  • Oleh : Rara Anteng
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok mau tanya. Pas hamil 5 bln saya masuk rumah sakit karna semua otot saya sakit dan panas juga setelah itu memasuki usia kandungan 30w jari kaki tengah saya sakit sprt kesemutan itu sampai 1bln tidak hilang2. Dan sekarang memasuki 37w saya malah flu atau sering keluar lendir di hidung dan mulut apakah itu ciri2nya virus rubella dok, secara kerja saya sering berinteraksi dgn anak2 yg terkena rubella dari kandungan . terimakasih

    Hubungan intim

  • Oleh : Ulla Ulla
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya…saya suda menika dan suda punya ank rencananya saya tidak mengikuti kb..maunya saya kb sendiri maaf(d keluarin d luar).dan yg mau saya tanyakan.kata temen2 saya walaupun d keluarin d luar masih bisa hamil..katanya karena pas suami merangsang atu ejakulasi dini..keluar cairan putih bening itu bisa menyebab kan k hamilan..bukan hanya maaf (sepermanya).apa benar itu ya dok..?

    Tanya Bidan