×

Ingin Janin Anda Cerdas? Banyak Makan Jagung Saja!

Bagikan Artikel :

Ingin Janin Anda Cerdas? Banyak Makan Jagung Saja!

Jagung bukan hanya sekedar sayuran yang kaya serat dan nutrisi. Jagung ini bisa dijadikan kuliner yang digemari masyarakat. Misalnya jagung bakar, popcorn, jasuke dan lain-lain. Nah bagi ibu hamil kuliner berbahan dasar jangung ini disarankan lho. Bahkan salah satu penelitian mengatakan jagung ini bisa membuat janin menjadi cerdas. Memang apa saja kandungannya?

Kandungan Yang Ada Pada Jagung

Jagung kaya dengan thiamin, fosfor, folat, vitamin C, serat dan dapat memenuhi 10% kebutuhan harian magnesium tubuh.

Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil

Jagung ini memberikan kandungan thiamin, yang memiliki peran untuk membantu membentuk memori yang baik pada janin sehingga mempengaruhi kecerdasan saat bayi sudah lahir.
Selain jagung bisa menjadi cemilan bagi Ibu hamil, jagung juga mempunyai beberapa nutrisi seperti mineral dan vitamin.

  1. Menjaga Kesehatan Plasenta
    Memelihara kesehatan plasenta saat kehamilan terbilang tidak begitu mudah. Namun, hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi jagung secara rutin. Kandungan kalium yang terkandung dalam jagung yang cukup banyak, dapat menjaga cairan dalam tubuh sehingga sel plasenta dapat terjaga keamanannya.
  2. Nutrisi Lengkap Ibu Hamil
    Kandungan vitamin kompleks di dalam jagung berguna bagi kesehatan syaraf. Jagung juga banyak mengandung mineral seperti zat besi, mangan, selenium dan magnesium. Manfaat jagung bagi nutrisi Ibu hamil, juga bisa menjaga kesehatan dengan keseluruhan. Badan juga tidak mudah lelah, pegal-pegal dan letih dengan mengonsumsi jagung selama kehamilan.
  3. Mengurangi risiko cacat pada bayi baru lahir
    J agung mengandung asam folat yang terbukti bermanfaat dalam mengurangi risiko malformasi netral pada bayi yang belum lahir serperi spina bifida.
  4. Mencegah Sembelit
    Sembelit merupakan gangguan kehamilan yang paling sering terjadi diperiode awal kehamilan. Produksi hormon progesteron memengaruhi usus sehingga pencernaan Ibu hamil melambat. Namun masalah ini dapat diatasi dengan mengonsumsi jagung secukupnya selama kehamilan.
    Di dalam jagung juga mengandung sumber serat yang cukup tinggi sehingga usus Ibu hamil dapat bekerja lebih baik serta mencegah sembelit.
  5. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Janin
    Manfaat jagung rebus selanjutnya yaitu, mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Di dalam jagung juga mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan serta perkembangan janin. Sehingga, jagung bisa mencegah bayi terlahir dengan berat badan kurang serta cacat seperti, cacat pada tulang belakang dan saraf.
  6. Mencegah Masalah Cacat Otot Bayi
    Kesehatan otot merupakan salah satu bagian yang amat penting pada kesehatan janin. Terlebih, sistem pembentukan massa otot dibentuk sejak di dalam kandungan . Adanya zat yang bernama zeaxanthin di dalam jagung, mempunyai peran yang besar dalam pembentukan masa otot, sehingga jagung sangat baik untuk janin.
    Masalah cacat otot, biasanya dialami oleh bayi yang lahir karena, kekurangan zexanthin selama di dalam kandungan. Kondisi ini, biasanya terjadi ketika bayi memasuki usia lebih dari 1 tahun.
  7. Memacu Fungsi Otak Janin
    Jagung adalah salah satu sumber tiamina yang cukup tinggi. Tiamina dIbutuhkan oleh janin guna membentuk perkembangan sel-sel otak, serta mendukung fungsi kognitif terhadap bayi. Perkembangan otak janin telah dimulai sejak dalam kandungan. Sehingga, cara menjaga kehamilan dengan asupan tiamina yang cukup, akan membantu kecerdasan yang sangat baik bagi bayi.
  8. Membantu Proses Kesempurnaan Organ Janin
    Kandungan nutrisi yang sangat penting pada jagung, yaitu asam pantotenat. Zat ini sangat berperan dalam mengembangkan fungsi penting dari organ seperti ginjal, paru-paru, jantung dan otak.
    Apabila selama kehamilan janin kekurangan asupan, biasanya akan ditemukan sejumlah kelainan yang berkaitan dengan fungsi organ tubuh.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 1, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan selama kehamilan berbahayakah

  • Oleh : Vina
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
    Trims yaa

    Menyusui Saat Hamil

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau bertanyaan apa benar seorang wanita hamil dilarang untuk menyusui ?? Jika memang benar tolong berikan penjelasannya. Sebelumnya terimakasih

    Tentang kb iud

  • Oleh : Asyifa Lestari
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Bu saya mau tanya sya udh 16 bulan pke kb IUD tp haid selalalu lama dan bnyak hampir sebulan, dan kaya pendarahan gtu semakin bergerak semakin banyak yg keluar, kenapa ya, apa saya harus ganti kb?
    Trs apa kb suntik bisa membuat kegemukan? Saya binggung kalo ganti mau pke kb apa?

    Kapan masa subur pria?

  • Oleh : Riza
  • 6 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya penasaran nih apakah pria juga memiliki masa subur? Saya hanya tahu wanita saja yang memiliki masa subur. Mohon jawabannya bu bidan

    Keputihan

  • Oleh : indah nian lestari
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat malam bu saya mau tanya , saya slalu keputihan setiap hari , sebenernya yang keluar dr vagina itu keputihannya warna putih pekat tp kelamaan dicelana dalam berubah jd warna kuning tp entah lah sebenernya warna apa saya juga bingung . Dan kemaren vagina sayaa terasa gatal sekali dan akhirnya saya berobat kepuskesmas terdekat dan saya dikasih obat metronidazol dan chlorphenamine maleate . Saya merasa sudah baikan setelah minum obat itu sekali dan karena merasa sudah sembuh saya tidak melanjutkan meminum obat tersebut . Dan hari ini gatal nya kambuh lagi . Sebenernya saya tuh sakit apa ya dok ? Apakah saya terkena kanker servik?

    Tanya Bidan