×

Tips Menjaga Kandungan Untuk Ibu Hamil yang Bekerja

Bagikan Artikel :

Tidak jarang para wanita karier menghawatirkan kehamilannya. Karena, aktifitas selama bekerja dapat menguras energi sehingga bisa menyebabkan kelelahan. Apabila hal ini terjadi maka bisa berdampak buruk bagi yang dikandungnya.

Bekerja saat hamil masih bisa dilakukan, asalkan Anda tahu kondisi kehamilan sendiri. Untuk tetap produktif dalam bekerja saat hamil tentunya ada hal-hal yang perlu diketahui ibu hamil, dengan pola hidup yang sehat, makan teratur, kondisi tubuh yang tetap sehat, tetap beraktifitas, bekerja di lingkungan yang aman. Maka dari itu, berikut ini tips menjaga kandungan untuk ibu hamil yang bekerja.

Tips Menjaga Kandungan Untuk Ibu Hamil yang Bekerja

Hindari pemakaian sepatu hak tinggi
Hal ini dikarenakan sepatu hak tinggi bisa menyebabkan peregangan otot-otot didaerah pinggang. jika ibu hamil menggunakan sepatu dengan hak tinggi, peregangan otot di daerah pinggang dan punggung akan semakin bertambah, karena beban ke depan menjadi double, dari kehamilan itu sendiri dan juga dari sepatu hak tinggi, dan ini mengakibatkan pinggang dan punggung terasa semakin sakit. Selain itu sepatu dengan hak tinggi dapat mengganggu keseimbangan tubuh, terutama pada saat kehamilan mulai membesar. Hal ini menimbulkan ibu hamil beresiko untuk jatuh. Akibat terjatuh, biasanya kehamilan dan ibu hamil itu sendiri akan mengalami trauma, dan yang lebih buruk akan terjadinya cacat janin atau keguguran.

Istirahat cukup
Jika tubuh sudah terasa lelah, berhentilah dan beristirahatlah. Jangan memaksakan tubuh dan pikiran terlalu banyak beraktivitas, lakukan dengan cara berdiri dan meluruskan serta menggerak-gerakkan kaki. Jika sudah duduk terlalu lama, lakukan dengan perlahan. Jika pekerjaan memaksa ibu hamil banyak berdiri, duduklah kemudian sambil mengangkat kaki secara lurus, gunakan kursi tambahan sebagai ganjalannya.

Gunakan pakaian yang nyaman
Sebaiknya Anda pakailah pakaian yang bisa menyerap keringat, hal ini berguna untuk mengindari gatal-gatal yang terjadi di sekitar perut saat kehamilan.

Hindari stress dan selalu perhatikan pola makan

Untuk bisa mengontrol emosi yang bisa bikin stress, sebaiknya Anda lakukan latihan pernafasan, yoga, peregangan atau hanya berjalan-jalan pendek. Selain untuk menghindari stress, ibu hamil juga dituntut untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan bernutrisi baik. Perbanyaklah minum air putih dan hindari minum kopi hingga alkohol.

Selain itu, perhatikan pula pola makan dengan gizi cukup dan seimbang, hindari makanan pemicu gula darah tinggi seperti makanan yang manis, berlemak, goreng-gorengan dan makanan tinggi kolesterol. Makanan berserat dan buah-buahan segar sangat dianjurkan karena bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Evaluasi ruang kerja
Bekerja di komputer tidak akan membahayakan bayi Anda berkembang, tetapi wanita hamil lebih rentan terhadap mati rasa, jari pegal (carpal tunnel syndrome), jadi pastikan untuk melakukan pengaturan meja dan kursi anda agar membuat posisi anda senyaman mungkin, tidak merasa lelah saat didepan computer, terlebih lagi jika terlalu lama duduk.

Related Posts :

    Nah jadi itulah tips atau cara menjaga kehamilan bagi wanita karir. Semoga hal ini bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan ibu dan janin. Bagi Anda yang ingin bertanya seputar kehamilan, silahkan kirim pertanyaan Anda melalui form tanya bidan di website kami. Kami akan menjawab dan memberikan solusi terbaiknya untuk Anda. Terimakasih

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 12, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

  • Oleh : demetriusnies67
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

    Makan dalam proses tahapan persalinan, bolehkah?

  • Oleh : Reny Anggra
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saya mau tanya, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Reny Anggra
  • Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • Mual dan Muntah Saat Menjalankan Ibadah Puasa

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Saya ini kan lagi hamil dan sekarang ini saya lagi puasa. Tapi belakangan ini saya sering merasa mual dan muntah lagi. Padahal di waktu awal-awal saya gak mengalami gangguan apapun. Tapi saya terus saja coba menyelesaikan puasa saya, dan sampai sekarang mungkin bisa dihitung yang batalnya. Yang saya takutkan itu, apakah kondisi yang saya alami ini bisa mengganggu kehamilan atau tidak ? Bagaimana solusinya bu bidan ? Terimakasih

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • Bayi saya kalau nyusu pasti mencret BAB

  • Oleh : ALif AL Maun Yoyox
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas di ksih zinc&oralit pancet bab trmkch

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan