×

Tips Untuk Orang Tua Agar Anak Suka Makan Sayur

Bagikan Artikel :

Curhat Bidan – Untuk saat ini memang tidak sedikit anak-anak yang tidak menyukai sayur. Banyak bentuk penolakan yang mereka lakukan, seperti bersikeras tak mau makan, atau ada yang mau makan, hanya dengan mengunyahnya perlahan-lahan.

Bahkan banyak juga orang tua yang kewalahan dalam mengatasi hal tersebut. Padahal sayuran mempunyai banyak manfaat yang penting untuk tumbuh kembang mereka. Lalu bagaimana cara membuat anak mau makan sayur? Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan Tips Jitu Agar Anak Suka Makan Sayur.

Mengajak anak berbelanja
Jelajahi setiap lorong sayuran yang ada di supermarket agar anak bisa melihat beragam buah dan sayur. Pada setiap kunjungan, biarkan anak memilih jenis sayuran baru yang akan disantapnya. Anak-anak akan senang melihat sayuran pilihan mereka menjadi bagian dari menu makan.

Related Posts :

    Mengajaknya memasak
    Libatkan juga anak dalam kegiatan masak memasak bunda. Berikan mereka perkejaan yang paling mudah, seperti merobek daun selada, mengupas kulit jagung, atau hanya mencuci sayuran. Jika anak sudah cukup besar, bunda juga bisa memintanya untuk memotong-motong sayuran untuk salad dan menyimpannya di piring. Dengan cara seperti ini, maka kita sama dengan membiasakan mereke dekat dengan sayuran.

    Beri contoh
    Beri anak kita contoh bahwa setiap orang juga harus mengkonsumsi sayur. Tunjukkan pada mereka bahwa sayur merupakan makanan yang enak. Hidangkan sayuran dan masukkan ke dalam piring makanan yang akan di santap. Meskipun anda sebenarnya tidak menyukai salah satu jenis sayur, tapi anda haru menghidangkannya juga. Hal ini dilakukan agar anak mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya.

    Menyajikan makanan favoritnya
    Orang tua harus mencari tahu apa yang menjadi makanan favorit anak, lalu gantilaha beberapa bahan makanan tersebut dengan sayuran ketika memasak. Bunda bisa menambahkan sayuran ketika menyiapkan makanan favorit anak seperti smoothie, kue, pizza, lasagna, spageti, dan atau es krim. Dengan begitu anak yang susah makan sayuran tersebut akan mulai suka menyantap sayuran dengan makanan favoritnya.

    Hidangkan makanan sederhana
    Apabila anak tidak menyukai makanan seperti di atas, maka lebih baik sajikan anak makanan yang sederhana seperti misalnya sayur sop, sayur bayam, atau tumis kangkung. Karena meskipun sederhana, makanan tersebut tidak kalah bergizi dan enak.

    Makan bersama keluarga

    Selalu jadikan waktu makan malam sebagai prioritas di dalam rumah anda. Riset dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa anak-anak akan mengkonsumsi lebih banyak sayuran (bahkan lebih banyak buah, kalsium dan serat) ketika mereka makan bersama orang tua.

    Buat waktu makan menjadi waktu yang menyenangkan

    Jangan pernah memaksa anak untuk memakan sesuatu yang tidak mereka suka. Jangan juga jejali mereka dengan sayuran ketika makan. Hal ini bisa saja membuat anak menjadi “bad mood” tentang makan sayuran dan berpikir bahwa waktu makan merupaka waktu yang mengerikan.

    Selain cara diatas, ada juga tips agar anak suka makan sayur yakni dengan mengajak anak membuat bentuk yang menarik dengan sayuran mereka. Buat anak senang dengan sayuran, seperti membuat bentuk bunga dengan wortel, atau bentuk rambut dengan helai kangkung, atau juga beragam cara menarik lainnya agar anak lebih tertarik untuk mengkonsumsi sayuran. Jadilah Ibu yang cerdas untuk anak-anaknya 😉 Salam Sehat, Semoga Bermanfaat 🙂

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 3, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Rival Khaeru
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Klo berhubungan 1-2 setelah haid itu bener ga bisa tidak terjadinya hamil?

  • Oleh : Rival Khaeru
  • Berapa usia kehamilan

  • Oleh : Nurlaela putri
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dokter saya mau tanya .hari pertama terakhir saya mens tgl 5 November sampai berhenti mens tgl 9 November, dan seharusnya di kalender itu saya mestinya mens tgl 7 Desember sampai saat ini di tgl 14 desember tdk mengalami mens.pada tgl 12 desember saya coba test pack 1 kali di pagi hari air kencing pertama dan 2 kali di siang hari stelah makan dan minum dan hasilnya positip
    Kira2 brpa usia kandungan saya saat ini ya dokter???

  • Oleh : Nurlaela putri
  • Penyakit Radang Panggul Pada Remaja

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 5 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

    N

  • Oleh : Pak Eko
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok saya berhubungan pada tanggal 18 saya agak ragu air maninya keluar di dalam atau di luar tetapi banyak air mani yang terbuang keluar dan saya ragu kalau masih ada air mani yang masuk ke dalam dan pada tanggal 30 saya mengalami haid,apakah bisa terjadi kehamilan dok?

  • Oleh : Pak Eko
  • Frekuensi BAB Pada Bayi

  • Oleh : juwita
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Siang Bu Bidan, saya mau tanya, pada bayi usia 7 bulan berapa kali frekuensi BAB yang normal ?

    Tanya Bidan