×

Bolehkah Daging Bebek Dijadikan MPASI?

Bagikan Artikel :

Bolehkah Daging Bebek Dijadikan MPASI?

Bahan makanan yang digunakan untuk MPASI harus berasal dari makanan yang sehat dan gizi yang cukup yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein dan sayur/buah. Semua kandungan tersebut harus cukup dan seimbang.

Yang selalu terlupakan dalam penyediaan MPASI adalah protein karena biasanya para ibu memberikan bubur beras saja. Padalah protein ini sangat penting dan dibutuhkan oleh bayi di masa awal pertumbuhannya. Protein sendiri adalah zat terpenting untuk pertumbuhan dan daya tahan sel tubuh. Jika asupan protein tidak diperhatikan, anak akan mudah jatuh sakit dan terhambat kenaikan berat badan dan tinggi badannya.

Anda bisa memberikan daging ayam, daging sapi, ikan, bahkan telur sebagai sumber protein hewani untuk bayi yang sudah makan MPASI. Tapi, bagaimana dengan bebek? Apakah aman memberikannya pada si kecil?

Related Posts :

    Bolehkah bayi diberikan MPASI?

    Sebelumnya perlu dipahami bahwa daging bebek kaya akan protein, asam lemak omega esensial, serta berbagai vitamin dan mineral. Mengutip Live Strong, mineral yang ada di bebek yaitu kalsium dan tembaga. Selain itu, daging bebek juga mengandung lemak esensial yang sehat, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6.

    Semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk perkembangan bayi. Sehingga, dengan banyaknya kandungan yang sehat dalam daging bebek, Anda sudah boleh memberikan daging ini pada bayi sejak mereka memulai makan makanan padat atau saat berusia 6 bulan.

    Namun, sebelum memberikan daging bebek pada bayi, pastikan bahwa si kecil tidak memiliki alergi protein, karena bebek bisa memicu alergi tersebut. Jadi lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter. Jangan sampai bayi mengonsumsi daging bebek berlebihan, karena bisa menyebabkan masalah pencernaan. Lebih lanjut, Anda juga harus memastikan bahwa tekstur daging yang diberikan kepada si kecil sudah sesuai dengan usianya, mengingat daging bebek sedikit lebih keras daripada daging ayam.

    Jadi, di awal pemberian MPASI, lebih baik daging bebek diberikan dengan tekstur sehalus mungkin agar mudah dicerna oleh bayi. Begitu juga untuk bayi yang berusia 1 tahun ke atas, jangan memaksakan mereka makan daging bebek utuh. Anda bisa menyuwir daging bebek sebelum memberikannya pada si kecil.

    Manfaat Daging Bebek Untuk Bayi

    Seperti daging lainnya, bebek menyediakan protein lengkap yang mencakup setiap asam amino yang dibutuhkan tubuhnya. Setiap 3,5 ons porsi daging bebek mentah tanpa kulit mengandung 18 gram protein. Protein mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga jaringan sel-sel tubuh, serta membuat kulit si Kecil tetap sehat.

    Selain itu menambahkan daging bebek pada menu makan si Kecil akan meningkatkan asupan selenium dan zinc. Kedua mineral ini berperan dalam fungsi enzim dan mengaktifkan enzim yang diperlukan untuk metabolisme yang sehat. Zinc juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Setiap porsi 3,5 ons daging bebek mengandung 1,9 mg zinc dan 14 mikrogram selenium atau seperempat dari kebutuhan asupan harian.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 28, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berhubungan Seks

  • Oleh : Sherly davies
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

    Masalah haid

  • Oleh : Nining Yunengsib
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu udah 2 bulan ini aku haid nya cuma flek coklat doang… Kira-kira kenapa yah??

    Masalah haid dan cara penyelesaiannya

  • Oleh : Rosalia Sabella
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan…saya mau tanya masalah seputaran haid, saya baru umur 18 tahun belum menikah dan belum pernah melakukan hubungan sex, tapi saya sudah telat haid 2 bulan…saya 4 bulan yang lalu pernah mengkonsumsi pil penggemuk badan tapi saya stop sebelum pil itu habis, sebulan setelah minum itu haid saya masih teratur tpi setelah 2 bulan minum itu haid saya jdi tdk teratur lagi, bahkan sampai 2 bulan lebih tdk haid tpi setelah itu haid terus bulan berikut nya juga sama haid tdk teratur…jadi bagaimana yaa bu supaya haid saya jadi teratur dan lancar lagi?

    Mohon di jawab bu…wassalamualaikum…

  • Oleh : Rosalia Sabella
  • Keputihan

  • Oleh : Lusiana –
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Kal saya udah ngalamin keputihan 2 bln ini kadang berwarna putih kdang kecoklatan tidal berbau dan trasa gata kadang gatal saat kluar slabhnya tidak

  • Oleh : Lusiana –
  • Umur Ideal Anak untuk Disunat

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • 5 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

  • Oleh : Aolia SucCie Priyatna
  • Tanya Bidan