Fase Perkembangan Janin Dari 1 Sampai 9 Bulan Lengkap

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Proses tahapan perkembangan janin dari bulan ke bulan tak jarang banyak ibu hamil ingin mengetahuinya untuk memastikan keadaan janin dalam kandungannya tetap baik-baik saja. Untuk mereka yang memiliki lebih uang, pastinya setiap bulan bisa untuk melakukan pemeriksaan USG agar dapat melihat bentuk dan perkembangan janin tersebut. Tapi, ibu hamil harus tahu ternyata banyak efek samping jika sering melakukan USG saat hamil, pada umumnya untuk mengetahui jenis kelamin janin tanpa USG dapat dilakukan dengan membayangkan sesuai dengan perkembangan janin dari bulan ke bulan.

    Berikut ini penjelasan fase perkembangan janin dari 1 sampai 9 bulan lengkap dengan gambar secara detail agar mudah untuk anda bayangkan.

    Satu Bulan Perkembangan Janin. Mulai terbentuknya kantung kehamilan berfungsi untuk melindungi janin dari air ketuban dan mulai terbentuknya placenta berfungsi untuk menyalurkan nutrisi makanan dari tubuh ibu ke janinya. Dan juga sudah mulai terjadi aliran darah dalam tubuh janin sehingga pada kehamilan bulan pertama, para ibu hamil sebaiknya disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil.

    Dua Bulan Perkembangan Janin. Wajah bayi sudah mulai terbentuk dan berkembang. Telinga sudah mulai terlihat sebagai lipatan pada kepala bagian kanan dan kiri. Mulai tampak juga bakal tangan, kaki, dan jari-jari mungilnya. Selain itu, mulai terbentuk juga sistem syaraf pusat atau otak, syaraf tulang belakang serta saluran pencernaan.

    Tiga Bulan Perkembangan Janin. Fase bagian tubuh janin mulai terbentuk sempurna. Mulai tumbuh kuku dan tangan akan mulai bisa mengepal. Tapi belum terlihat sempurna, jenis kelamin janin diusia 3 bulan ini sehingga jika melakukan pemeriksaan USG kurang tepat diusia 3 bulan kehamilan jika tujuannya hanya untuk mengetahui jenis kelamin janin. Perlu diketahui bahwa sistem kemih dan organ reproduksi mulai terbentuk, sedangkan hati mulai memproduksi empedu.

    Empat Bulan Perkembangan Janin. Semakin lengkap menunjukan bagian-bagian tubuh seperti wajah, tangan, kaki, jari dapat dilihat dengan jelas. Sangat tepat untuk melakukan USG diusia 4 bulan kehamilan, anda dapat mulai mendengar detak jantung janin akan semakin aktif dan sering bergerak seperti mengisap jarinya, menguap dan mengubah ekspresi wajah dengan menggunakan bantuan alat khusus .

    Lima Bulan Perkembangan Janin. Untuk melatih ototnya gerakan janin akan semakin terasa kencang dan kepala janin sudah mulai tumbuh rambut halus, termasuk juga tangan dan kaki. Kulit janin mulai menutupi lapisan putih seluruhnya yang berfungsi untuk mencegah janin terkena secara langsung cairan ketuban saat persalinan nanti.

    Enam Bulan Perkembangan Janin. Mulai terbentuk keriput pada kulit janin. Pada bulan ini juga janin sudah dapat membuka dan menutup kelopak mata dan sudah bisa mendengar suara-suara dari luar perut. Oleh karena itu, para ibu hamil disarankan untuk mengajak bicara atau berkomunikasi dengan janin yang berfungsi untuk merangsang kecerdasan janin sejak dalam kandungan.

    Tujuh Bulan Perkembangan Janin. Mulai sudah bisa merespon suara-suara yang didengarnya dari luar perut dan juga sudah bisa merasakan adanya cahaya. Pertumbuhan janin akan semakin berkembang, tubuhnya semakin besar sehingga ibu hamil dapat merasakan ketika janin berganti posisi dan juga tubuh janin sudah mulai menyimpan lemak.

    Delapan Bulan Perkembangan Janin. Semakin banyak cadangan lemak dalam kulit janin sehingga kulit janin tidak lagi terlihat keriput. Sudah mulai berfungsi juga pendengaran dan penglihatan janin dengan baik dan dengan sistem tubuh lainnya juga sudah dapat berfungsi kecuali paru-paru. Semakin sempurna otak janin sehingga akan sering menendang.

    Sembilan Bulan Perkembangan Janin. Perkembangan paru-paru sudah dapat berfungsi dengan baik sehingga tubuhnya akan memutar dengan posisi kepala berada dibawah untuk menghadap jalannya lahir. Sehingga dibulan ini, ibu hamil harus siapkan mental dan fisik untuk menghadapi persalinan yang semakin dekat.

    Itulah fase perkembangan janin dari 1 sampai 9 bulan lengkap dengan gambar yang dapat curhat bidan jelaskan. Tidak semuanya fase perkembangan janin sama seperti yang sudah dijelaskan diatas karena mengingat janin memiliki proses petumbuhan yang berbeda. Jika anda ingin mengetahui perkembangan janin yang anda rasakan tiap bulannya anda bisa langsung tanya bidan sehingga bisa memberikan informasi yang lebih efektif.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - September 26, 2016
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
    Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
    Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

    Dijawab Oleh : uye (wanita)
    Diskusi Dari:
    Adel1418ia

    kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melahirkan di bidan dan syarat yang diperlukan apa saja untuk tahun 2017?

    Dijawab Oleh : Adel1418ia
    Diskusi Dari:
    Obey Hungkul

    Pagi ibu bidan, saya mau tanya kenapa ibu hamil dilarang makan makanan pedas dan asam?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Iszmy Mukhayarin

    Selamat pagi bu saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit saat buang air kecil seperti tersendat-sendat kira2 itu penyakit apa ya bu? mohon penjelasannya trims

    Dijawab Oleh : Iszmy Mukhayarin
    Diskusi Dari:
    Wiwin Kusmawati

    Selamat siang bu bidan… nama saya Rara Farahtain usia saya sekarang 17 tahun. Akhir-akhir ini saya sering mengalami keputihan yang sepertinya tidak normal. Karena jumlah keputihannya yang banyak dan mengeluarkan bau serta gatal pada vagina. Saya khawatir karena kondisi ini, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mengatasi keputihan yang tidak normal yang bisa saya lakukan sendiri sebelum saya periksa ke dokter? Terimkasih bu bidan, saya tunggu jawabannya…

    Perlu Jawaban