Tips Meredakan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil Yang Aman

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Tips Meredakan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil Yang Aman Bidan Online.com,-
    Sakit pinggang nyatanyabtidak hanya dapat menyerang orang lanjut usia
    saja. Nueri pinggang pada ibu hamil memang sudah menjadi hal yang banyak
    di keluhkan. Apalagi memasulki trimester kedua dan ketifa nyeri
    pinggang pada ibu hamil dapat mengganggu kenyamanan. Meskipun terlihat
    sepele nyatanya nyeri pinggang saat hamil tidak bisa di biarkan begitu
    saja. Nyeri pinggang pada ibu hamil yang tidak mendapatkan penanganan
    yang cepat dan tepat bisa menyebabkan kondisi lebih serius. Bahkan dalam
    beberapa kasus diketahui sakit pinggang pada ibu hamil bisa menjadi
    pertanda adanya gangguan kesehatan pada ibu hamil. Lalu bagaimana cara
    mengatasi nyeri pinggang pada ibu hamil? simak ulasannya berikut ini.

    Adakalanya sakit pinggang pada ibu hamil menyebabkan ibu hamil malas melakukan kegiatan apa pun karena rasa tidak nyaman. Nyatanya terlalu lama duduk atau tiduran malah akan menyebabkan sakit pinggang bertambah parah. Untuk mencegah dan meredakan sakit pinggang saat hamil sangat di sarankan untuk melakukan aktifitas ringan agar otot tetap rileks dan tidak kaku. Misalnya olahraga secara rutin menjadi hal utama untuk mengatasi sakit pinggang saat hamil namun ingat lakukan olahraga ringan yang aman bagi ibu hamil. Dan berikut ini beberapa cara meredakan nyeri pinggang saat hamil yang bisa anda lakukan.

    Sakit pinggang pada ibu hamil bisa terjadi akibat dari adanya perubahan pada pusat gravitasi tubuh. Tidak hanya itu perubbahan hormon juga peregangan ligamen pada ibu hamil juga ikut andil dalam menyebabkan rasa sakit pada pinggang. Janin yang semakin berkembang dan bobot yang semakin bertambah tentu saja bisa menyebabkan penekanan lebih berat pada punggung dan pinggang apalagi memasuki trimester ketiga.

    • Jalan kaki menjadi salah satu olahraga paling mudah dan ringan bagi ibu hamil. Jalan kaki santai secara rutin setiap hari dapat membantu mengatasi nyeri pinggang pada ibu hamil secara cepat.
    • Senam hamil menjadi pilihan kedua bagi anda untuk meredakan sakit pinggang saat hamil. Senam hail tidak hanya dapat membntu mengatasi nyeri pinggang saja namun juga dapat membuat tubuh lebih bugar, otot lebih rileks, juga melatih keseimbangan tubuh.
    • Berenang menjadi olahraga ringan sekaligus menyenangkan bagi ibu hamil. Tidak hanya itu nyatanya berenang menjadi salah satu cara untuk meredakan nyeri punggung pada ibu hamil paling ampuh. Berenang secara rutin dan teratur tidak hanya dapat membuat otot lebih rileks namun juga memperkuat otot pinggang dan perut bawah.
    • Posisi tidur saat hamil juga dapat membantu mengatasi nyeri pinggang saat hamil. Caranya dengan tekuk kedua lutut atau salat satu lutut kemudian anda dapat menempatkan bantal di bawahnya atau di antara dua lutut. Jangan lupa tambahkan bantal di belakang punggung dan bawah perut.
    • Mengompres pinggang menggunakan air dingin dan hangat bisa membantu meredakan sakit pinggang pada ibu hamil anda juga dapat melakukan pemijatan perlahan pada pinggang yang sakit.
    • Perlu anda tahu jika penggunaan alas kaki menjadi hal yang sangat penting pada ibu hamil. Dimana alas kaki yang sangat disarankan bagi ibu hamil yaitu alas kaki datar yang nyaman. Hindari penggunaan alas kaki dengan hak tinggi karena bisa menyebabkan ketidakseimbangan tubuh serta meningkatkan resiko terjatuh.

    Pada dasarnya para ibu hamil jangan terlalu khawatir jika mengalami sakit pinggang karena memang sudah menjadi hal yang wajar. Sakit pinggang pada ibu hamil dapat hilang dengan sendirinya dengan perawatan di rumah. Namun jika sakit pinggang pada ibu hamil menandakan gejala seperti rasa sakit yang semakin parah disertai demam juga mati rasa pada bokong  dan pinggang belakang. Maka sangat di sarankan untuk segera mengunjungi dokter agar mendapatkan penananganan lebih cepat dan tepat.

    Baca juga artikel lainnya:

    Daftar Makanan Ibu Hamil Agar Kulit Bayi Atau Janin Putih Bersih
    Bahaya Ibu Hamil Marah-marah Bagi Perkembangan Janin
    Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda
    Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar
    Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - April 26, 2017
    Diskusi Dari:
    Adel1418ia

    kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melahirkan di bidan dan syarat yang diperlukan apa saja untuk tahun 2017?

    Dijawab Oleh : Adel1418ia
    Diskusi Dari:
    FR

    Bolehkah ibu hamil usia 40 minggu banyak makan buah nanas ?

    Dijawab Oleh : FR
    Diskusi Dari:
    Gomez

    Dok saya mau bertanya, kenapa yang setiap kali saya menggunakan hp telalu lama, biasnaya tangan saya sering kali mengeluarkan keringan yang cukup banyak, kira kira ini gejala masalah kesehatan apa ya dok? Mohon jawabannya 🙂

    Dijawab Oleh : Gomez
    Diskusi Dari:
    Mohammad ikhsan

    Saya mau bertanya, kok akhir akhir ini saya sering sekali merasakan sakit pada bagian kaki dan tangan saya ya dok? Rasanya itu cenat cenut, muncul tiba tiba dan bahkan hilang secar tiba tiba. Ini sakit apa ya dok? Terus bagian mana agar ini tidak terjadi terus menerus?

    Dijawab Oleh : Mohammad ikhsan
    Diskusi Dari:
    ade

    Memasuki usia kehamilan bulan ketiga, keluar bercak darah dan saya langsung periksa sama bidan dan diberi obat. Ketika obatnya udah habis bercak darah kembali keluar. Apakah pertanda bayi tidak berkembang ?

    Dijawab Oleh : ade