Kenali Gejala Hidrosefalus Sejak Dalam Kandungan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online -, Kenali Gejala Hidrosefalus Sejak Dalam Kandungan -, Hidrosefalus atau cairan yang terdapat di dalam otak merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak terjadi pada bayi. Kondisi ini bisa mengakibatkan kepala bayi membesar dan hal ini juga bisa di deteksi sejak dalam kandungan. Penyebab hidrosefalus ada beragam namun, yang banyak ditemukan yaitu akibat kelaianan bawaan sejak lahir dan diakibatkan oleh infeksi toksoplasmosis. Biasanya apabila terdapat infeksi dalam kandungan maka bayi lahir dengan hidrosefalus meskipun tidak semua bayi seperti itu.

    Kenali Gejala Hidrosefalus Sejak Dalam Kandungan

    Penyakit yang satu ini bukan jenis penyakit keturunan, hal ini bisa di cegah dengan cara melakukan pemeriksaan secara rutin sebelum dan selama kehamilan. Anda juga bisa melakukan TES TORCH untuk menghindari bayi cacat.

    Sebelum si ibu hamil, maka harus sudah dipastikan bahwa tidak ada infeksi yang bisa mengakibatkan kelainan bawaan. Karena kebanyakan ibu memeriksakan apabila sudah hamil. Selain memeriksakan, ibu hamil juga harus menjaga asupan gizi nya karena kekurangan gizi juga bisa mempengaruhi kehamilan termasuk kelainan otak pada bayi.

    Bahkan menurut dokter yang sudah membantu operasi ratusan anak hidrosefalus di Wisma Kasih Bunda mengatakan bahwa penyakit yang satu ini bisa di deteksi sejak bayi masih dalam kandungan melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG).

    Pemeriksaan hidrosefalus pada bayi bisa di deteksi mulai usia kandungan 6-7 bulan namun meskipun jika terdeteksi tidak bisa langsung ditangani dan tetap harus menunggu hingga bayi lahir.  Sedangkan kalau di luar negeri, hal ini bisa saja langsung di tangani dengan melakukan penyedotan cairan.

    Maka dari itu bunda, alangkah baiknya jika sebelum dan saat sedang mengandung untuk tetap melakukan pemeriksaan serta menjaga asupan makanan setiap harinya untuk mencegah penyakit hidrosefalus.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - December 15, 2017
    Diskusi Dari:
    Fitriyan Tng

    Sore bu bidan, alhamdulillah bulan ini menginjak usia kehamilan 9 bulan. Dan ini adalah kehamilan kedua saya. Biasanya saat menuju proses lahiran ada beberapa rasa sakit, apakah ada beberapa tips untuk meringankannya? Saya khawatir, karena kelahiran anak saya yang pertama itu rasa sakitnya parah sekali bu bidan.
    Saya tunggu jawabannya ya, terimakasih 🙂

    Dijawab Oleh : Fitriyan Tng
    Diskusi Dari:
    yongstephensen3

    Pantangan makanan setelah sunat

    Dijawab Oleh : yongstephensen3
    Diskusi Dari:
    Isti Rahmawati

    Selamat siang,
    Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

    Dijawab Oleh : Isti Rahmawati
    Diskusi Dari:
    Ramadhan

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

    Dijawab Oleh : Ramadhan
    Diskusi Dari:
    arinagustin

    Selamat pagi saya mau bertanya apa yang harus di lakukan ketika perut bayi kembung dan mengeras saat ini bayi saya usianya baru 20 hari mohon penjelasannya trims

    Dijawab Oleh : arinagustin