Kenali Gejala Hidrosefalus Sejak Dalam Kandungan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online -, Kenali Gejala Hidrosefalus Sejak Dalam Kandungan -, Hidrosefalus atau cairan yang terdapat di dalam otak merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak terjadi pada bayi. Kondisi ini bisa mengakibatkan kepala bayi membesar dan hal ini juga bisa di deteksi sejak dalam kandungan. Penyebab hidrosefalus ada beragam namun, yang banyak ditemukan yaitu akibat kelaianan bawaan sejak lahir dan diakibatkan oleh infeksi toksoplasmosis. Biasanya apabila terdapat infeksi dalam kandungan maka bayi lahir dengan hidrosefalus meskipun tidak semua bayi seperti itu.

    Kenali Gejala Hidrosefalus Sejak Dalam Kandungan

    Penyakit yang satu ini bukan jenis penyakit keturunan, hal ini bisa di cegah dengan cara melakukan pemeriksaan secara rutin sebelum dan selama kehamilan. Anda juga bisa melakukan TES TORCH untuk menghindari bayi cacat.

    Sebelum si ibu hamil, maka harus sudah dipastikan bahwa tidak ada infeksi yang bisa mengakibatkan kelainan bawaan. Karena kebanyakan ibu memeriksakan apabila sudah hamil. Selain memeriksakan, ibu hamil juga harus menjaga asupan gizi nya karena kekurangan gizi juga bisa mempengaruhi kehamilan termasuk kelainan otak pada bayi.

    Bahkan menurut dokter yang sudah membantu operasi ratusan anak hidrosefalus di Wisma Kasih Bunda mengatakan bahwa penyakit yang satu ini bisa di deteksi sejak bayi masih dalam kandungan melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG).

    Pemeriksaan hidrosefalus pada bayi bisa di deteksi mulai usia kandungan 6-7 bulan namun meskipun jika terdeteksi tidak bisa langsung ditangani dan tetap harus menunggu hingga bayi lahir.  Sedangkan kalau di luar negeri, hal ini bisa saja langsung di tangani dengan melakukan penyedotan cairan.

    Maka dari itu bunda, alangkah baiknya jika sebelum dan saat sedang mengandung untuk tetap melakukan pemeriksaan serta menjaga asupan makanan setiap harinya untuk mencegah penyakit hidrosefalus.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - December 15, 2017
    Diskusi Dari:
    adrienne1132

    Dok mw tya. Ni sy hamil anak prtma. Apkh normal usia 4bln anak sya sunsang ya dok. Blm bisa dlihat jnis klamin ny?

    Dijawab Oleh : adrienne1132
    Diskusi Dari:
    Gita Febian

    bagi saya pasangan suami istri muda sangat susah menemukan gspot pada istri saya, takutnya tidak memuaskan. Bagaimana cara kita menemukan g spot pada pasangan kita ?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Atha

    Pagi dok, saya mau bertanya, 3 bulan yang lalu saya melakukan operasi pengangkatan penyakit tumor payudara. Saat ini sudah 2 hari saya sering kali merasakan nyeri dibagian dada yang bisa datang secara tiba tiba. Biasanya saat bergerak saya merasakan sakit dan menghambat aktivitas saya. Saya mau bertanya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? apakah mungkin ini efek samping dari operasi tersebut?

    Dijawab Oleh : Atha
    Diskusi Dari:
    Jenni

    Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

    Terimakasih

    Dijawab Oleh : Jenni
    Diskusi Dari:
    henrylizotte

    Bagaimana mengatasi stres saat hamil

    Dijawab Oleh : henrylizotte