×

Kenali Gejala Hidrosefalus Sejak Dalam Kandungan

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Kenali Gejala Hidrosefalus Sejak Dalam Kandungan -, Hidrosefalus atau cairan yang terdapat di dalam otak merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak terjadi pada bayi. Kondisi ini bisa mengakibatkan kepala bayi membesar dan hal ini juga bisa di deteksi sejak dalam kandungan. Penyebab hidrosefalus ada beragam namun, yang banyak ditemukan yaitu akibat kelaianan bawaan sejak lahir dan diakibatkan oleh infeksi toksoplasmosis. Biasanya apabila terdapat infeksi dalam kandungan maka bayi lahir dengan hidrosefalus meskipun tidak semua bayi seperti itu.

Kenali Gejala Hidrosefalus Sejak Dalam Kandungan

Penyakit yang satu ini bukan jenis penyakit keturunan, hal ini bisa di cegah dengan cara melakukan pemeriksaan secara rutin sebelum dan selama kehamilan. Anda juga bisa melakukan TES TORCH untuk menghindari bayi cacat.

Sebelum si ibu hamil, maka harus sudah dipastikan bahwa tidak ada infeksi yang bisa mengakibatkan kelainan bawaan. Karena kebanyakan ibu memeriksakan apabila sudah hamil. Selain memeriksakan, ibu hamil juga harus menjaga asupan gizi nya karena kekurangan gizi juga bisa mempengaruhi kehamilan termasuk kelainan otak pada bayi.

Bahkan menurut dokter yang sudah membantu operasi ratusan anak hidrosefalus di Wisma Kasih Bunda mengatakan bahwa penyakit yang satu ini bisa di deteksi sejak bayi masih dalam kandungan melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG).

Pemeriksaan hidrosefalus pada bayi bisa di deteksi mulai usia kandungan 6-7 bulan namun meskipun jika terdeteksi tidak bisa langsung ditangani dan tetap harus menunggu hingga bayi lahir.  Sedangkan kalau di luar negeri, hal ini bisa saja langsung di tangani dengan melakukan penyedotan cairan.

Maka dari itu bunda, alangkah baiknya jika sebelum dan saat sedang mengandung untuk tetap melakukan pemeriksaan serta menjaga asupan makanan setiap harinya untuk mencegah penyakit hidrosefalus.

Baca Juga :

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 15, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • cara mengetahui lebih dini mengenai kehamilan anggur

  • Oleh : Ratu
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Pagi Bu Bidan, sodara saya kemarin mengalami keguguran yang diakibatkan oleh kehamilan anggur atau kosong. Namun, hal itu sebelumnya tidak diketahui oleh keluarga kami dan sebelumnya juga kami menyangka sodara saya mengalami kehamilan normal.

    Nah, belajar dari pengalaman sodara saya, bagaimana cara mengetahui lebih dini mengenai hamil anggur itu? dan adakah gejala yang membedakannya?

    Menstruasi

  • Oleh : Ardhia Rally Aurelia
  • 1 minggu, 3 hari yang lalu

    Dok mau tanya, kenapa ya udah 2 bulan ini haid saya ko cuma flek aja dan hari nya itu gak lama kurang lebih cuma 3 hari. dan tanggal haid nya selalu telat 2/3 hari. Itu kenapa ya dok? Mohon solusinya🙏

  • Oleh : Ardhia Rally Aurelia
  • Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim

  • Oleh : romad25102493501
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim, istri saya masih was was Ada yg bilang boleh Ada yg bilang jangan dulu

    makanan

  • Oleh : arizka fabianti
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok mau tanya … sya hamil anak ke 2 ini kalau makan yang gizi gizi malah membuat mual tp kalau makan makanan tanpa kuah sama mie instan mau …kadang makan sayur keluar lagi….liat sayur aja mual….gmn mengatasinya dok biar saya gk bergantung makanan nggak sehat…sedangkan makanan tidak sehat tidak membuat nafsu makan sy …mohon jawabannya …trima kasih

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan