×

Ketidaksuburan Pada Pria Bisa Disebabkan Oleh Leukocytospermia Lho!

Bagikan Artikel :

leukospermia

Related Posts :

    Pada air mani terdapat leukosit/sel darah putih dalam jumlah yang kecil. Leukosit dalam air mani ini tidak mengganggu atau mempengaruhi kesuburan seorang pria. Namun, jika jumlah leukosit dalam air mani meningkat maka dapat menyebabkan gangguan kesuburan karena menyebabkan perubahan gerak dan bentuk sperma sehingga tidak mampu membuahi sel telur.

    Kondisi ini disebut sebagai leukocytospermia, dengan jumlah leukosit dapat mencapai lebih dari satu juta per cc. Seperti pada organ tubuh lain, leukosit berfungsi sebagai sel pertahanan tubuh terhadap infeksi. Peningkatan jumlah leukosit dikaitkan dengan infeksi pada alat kelamin, misalnya akibat infeksi menular seksual seperti gonore, sifilis, herves genital, HIV dan klamidia.

    Faktor Penyebab Leukocytospermia

    1. Adanya pembengkakan di daerah penis atau pangkal paha

    2. Penyakit kelamin seperti herpes, gonore, atau klamidia

    3. Gangguan autoimun

    4. Kondisi striktur uretra, yang menyebabkan penyempitan pada uretra

    5. Jarang ejakulasi

    6. Pembuluh darah melebar di bagian testikel berubah

    7. Mengonsumsi obat-obatan terlarang/narkoba

    8. Mengonsumsi alkohol

    Cara menangani Leukocytospermia

    Upaya awal untuk menurunkan jumlah leukosit adalah dengan mengatasi infeksi yang terjadi menggunakan antibiotik. Selain itu dianjurkan juga untuk ejakulasi sesering mungkin untuk membuang/mengeluarkan lekosit yang berlebihan pada saluran sperma. Tapi sebelumnya lakukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, tes sekret/cairan yang keluar dari uretra, dan tes analisis sperma.

    Apakah Leukocytospermia Berbahaya

    Bahaya tidaknya leukocytospermia tergantung penyebabnya. Apabila disebabkan oleh penyakit menular seksual maka harus dilakukan penanganan terlebih dahulu pada HIV nya seperti meminum obat ARV setiap harinya. Jika tidak ditangani maka infeksi akan mudah menyebar ke bagian organ tubuh yang lain. Tapi apabila leukocytospermia disebabkan oleh jarang melakukan ejakulasi dampaknya akan terjadi infertilitas dan tidak berbahaya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 14, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sakit tifes

  • Oleh : Chika ELlo
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

    Telat mens

  • Oleh : Aul Lia
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Mlm dok, sya mau tanya. Sya sdh lebih dari 2 minggu belum mens. Tp pernah ada keluar bercak darah sedikit, tapi gak mens dok.
    Sya hari pertama terakhir mens tgl 21 agustus. Sampai sekarang blm mens.
    Ini karna murni telat mens atau hamil ya dok ?
    Soalnya waktu sya berhubungan sex, tidak keluar di dalam dok.

  • Oleh : Aul Lia
  • posisi tidur hamil menginjak 8 bulan

  • Oleh : uye (wanita)
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

    IUD yang Masih Terpasang Saat Hamil, Bahayakah ?

  • Oleh : Jenni
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

    Terimakasih

    Biaya Untuk Cek Kesuburan Suami Istri

  • Oleh : Dessi Yudha Arisandy
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualikum bu bidan, nama saya Filza Syafira. Saya mau bertanya kira – kira biaya untuk cek kesuburan suami istri butuh berapa ya ? Rincian pemeriksaannya seperti apa aja bu ? Terima kasih, mohon dijawab.

    Tanya Bidan