×

Ketidaksuburan Pada Pria Bisa Disebabkan Oleh Leukocytospermia Lho!

Bagikan Artikel :

leukospermia

Pada air mani terdapat leukosit/sel darah putih dalam jumlah yang kecil. Leukosit dalam air mani ini tidak mengganggu atau mempengaruhi kesuburan seorang pria. Namun, jika jumlah leukosit dalam air mani meningkat maka dapat menyebabkan gangguan kesuburan karena menyebabkan perubahan gerak dan bentuk sperma sehingga tidak mampu membuahi sel telur.

Kondisi ini disebut sebagai leukocytospermia, dengan jumlah leukosit dapat mencapai lebih dari satu juta per cc. Seperti pada organ tubuh lain, leukosit berfungsi sebagai sel pertahanan tubuh terhadap infeksi. Peningkatan jumlah leukosit dikaitkan dengan infeksi pada alat kelamin, misalnya akibat infeksi menular seksual seperti gonore, sifilis, herves genital, HIV dan klamidia.

Faktor Penyebab Leukocytospermia

1. Adanya pembengkakan di daerah penis atau pangkal paha

2. Penyakit kelamin seperti herpes, gonore, atau klamidia

Related Posts :

    3. Gangguan autoimun

    4. Kondisi striktur uretra, yang menyebabkan penyempitan pada uretra

    5. Jarang ejakulasi

    6. Pembuluh darah melebar di bagian testikel berubah

    7. Mengonsumsi obat-obatan terlarang/narkoba

    8. Mengonsumsi alkohol

    Cara menangani Leukocytospermia

    Upaya awal untuk menurunkan jumlah leukosit adalah dengan mengatasi infeksi yang terjadi menggunakan antibiotik. Selain itu dianjurkan juga untuk ejakulasi sesering mungkin untuk membuang/mengeluarkan lekosit yang berlebihan pada saluran sperma. Tapi sebelumnya lakukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, tes sekret/cairan yang keluar dari uretra, dan tes analisis sperma.

    Apakah Leukocytospermia Berbahaya

    Bahaya tidaknya leukocytospermia tergantung penyebabnya. Apabila disebabkan oleh penyakit menular seksual maka harus dilakukan penanganan terlebih dahulu pada HIV nya seperti meminum obat ARV setiap harinya. Jika tidak ditangani maka infeksi akan mudah menyebar ke bagian organ tubuh yang lain. Tapi apabila leukocytospermia disebabkan oleh jarang melakukan ejakulasi dampaknya akan terjadi infertilitas dan tidak berbahaya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 14, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masturbasi

  • Oleh : Dina Febriyanti
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Bu bidan maaf perkenalkan nama saya Dina saya sedang mengandung 8 bulan dan saya ingin bertanya bolehkah ibu hamil Masturbasi ??
    Apakah film dewasa yang kita tonton akan memengaruhi pada janin ?

  • Oleh : Dina Febriyanti
  • Bintik di vagina

  • Oleh : Icha Icha
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok saya remaja umur 16 thn, belum pernah hub sexual. Tdi saya pipis dan pas cebok kok kerasa ada bintik gtu pas saya cek dn senterin emg ada. Warnanya kayak kulit gtu agak gatel tpi g bgt. Itu kenapa y dok saya panik bgt dri tadi. Kebetulan tdi sya blm mandi dn blm ganti celana dalam yg kemaren. Kelupaan jga. Trs jga saya kalo pipis jrg cebok pke tgn jri pke air selang gtu dan biasanya g saya keringin pke tisu jdi kadang basah gtu celana dalemnya. Itu kenapa y dok?

    Terlambat haid

  • Oleh : Yuni Arra
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu saya terakhir menstruasi tanggal 1 februari, siklus menstruasi saya 28 hari dan tidak pernah terlambat,
    Kemaren saya tespek hasil negatif, hari ini perut saya kram seperti mau haid tp lebih sakit lagi dan pegel2 juga itu kenapa ya ? Mohon di jawab . Terimakasih bu …

    Tentang mslh alat reproduksi wanita

  • Oleh : Husnul Mubarok
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Istri melahirkan normal akan tetapi pendarahan dan di jahit vaginaya dan pertanyaan ya knpa kalu stlh berhubungan istri sy kesakitan Bu bidan? Apakah bahaya? Trmksh

    Tentang miss v

  • Oleh : Dwi Tini
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok saya kemaren habis cukur rambut di miss v terus ga lama itu ada bisul, lama2 udh pecah terus jadi bengkak dan gatal. Gmna cara ngatasinya dok?

  • Oleh : Dwi Tini
  • Tanya Bidan