×

Tips Nonton Film Di Bioskop Bersama Anak

Bagikan Artikel :

Tips Nonton Film Di Bioskop Bersama Anak

Bagi seorang ibu, mungkin pernah mengalami rasa bosan dengan aktifitas sehari-hari di rumah. Rasanya ingin sekali melampiaskan kejenuhan dengan menonton film di bioskop. Apalagi jika film yang akan disiarkan dimainkan oleh artis dan actor favorit. Tapi jika bunda masih punya anak yang masih kecil apa boleh ikut di bawa nonton di bioskop?

Perlu diketahui bahwa batasan screen time atau melihat layar bagi bayi yang berusia di bawah 2 tahun tidak diperbolehkan. Ini pun berlaku untuk film dan serial TV yang ditayangkan di TV biasa, bukan hanya di bioskop.

Selain itu ketika bayi masih berusia di bawah 2 tahun, sistem imunitas di dalam tubuhnya belum sempurna. Hal ini mengakibatkan bayi rentan terkena kuman, virus, maupun bakteri ketika berada di lingkungan yang tidak bisa ibu kontrol higienitasnya, termasuk bioskop. Belum lagi, orang-orang mungkin akan gemas dengan bayi ibu sehingga ingin, minimal, menyentuhnya di kala ibu tidak mengetahui apakah orang itu sedang sakit atau berpotensi menularkan virus tertentu.

Sekalipun ibu bisa menjamin kebersihan lingkungan untuk si bayi, banyak ibu yang juga mempertanyakan alasan ibu lain yang membawa bayinya ke bioskop. Pasalnya, bayi seharusnya lebih banyak bergaul dengan lingkungan primernya, seperti orang tua maupun saudara-saudaranya.

Psikolog anak, Ratih Zulhaqqi, termasuk salah satu orang yang melarang orang tua untuk membawa bayinya ke bioskop. Menurutnya, membawa bayi ke bioskop menandakan buruknya kontrol diri orang tua yang tidak mendahulukan kepentingan anak di atas kepentingan pribadinya. Pasalnya, jika ibu ingin hiburan untuk melepas stres selama berada di rumah, ibu bisa menonton film lewat streaming atau memilih hiburan lain.

Sehingga dengan demikian sebaiknya anak di bawah 2 tahun tidak di bawa ke bioskop ya Bun, bunda bisa menitipkan si Kecil ke kakek, nenek atau adik dan kakak ipar. Untuk anak di atas 2 tahun boleh di bawa ke bioskop dengan syarat :

Related Posts :
    1. Pastikan saat anak benar-benar siap.
      Sebenarnya, berapa sih,usia yang tepat bagi anak untuk nonton film di bioskop? Selain tergantung anak-anaknya, kapan Mums dan Dads pertama kali mengizinkan mereka nonton TV? Ada yang berusia 3 tahun, ada pula yang menjawab 4 tahun.
      Ada juga orang tua yang menunggu sampai anak mereka sedikit lebih tua dari itu untuk mengizinkannya menonton apa pun. Ini juga sesuai pertimbangan bahwa suara-suara keras dari film dan speaker bioskop dapat menakuti anak-anak.
    2. Pilih film yang tepat.
      Kesalahan ini banyak dilakukan oleh orang tua. Selain tidak peduli dengan rating film yang tepat untuk si Kecil, mereka juga lupa bahwa durasi film tidak kalah penting. Apalagi, anak kecil cenderung mudah bosan duduk terlalu lama, meskipun mungkin awalnya tertarik dengan film yang diputar.
    3. Lewatkan iklan dan trailer
      Biasanya sebelum film diputar, ada iklan dan trailer film lain dulu. Anak belum bisa membedakan antara film dengan kedua hal tersebut. Apalagi, bisa jadi iklan dan trailer film tidak pantas untuk dipertontonkan pada anak di bawah umur. Suara yang cukup keras mungkin juga akan membuatnya takut.
      Tunggulah sekitar 5 hingga 10 menit dari jam tayang yang tertera. Ajaklah si Kecil membeli camilan dulu, seperti kue dan susu. Hindari membeli pop corn bila ia masih balita, untuk mencegah risiko tersedak saat menonton film sambil ngemil.
    4. Rencanakan dengan matang.
      Pastikan anak sudah cukup istirahat dan makan sebelum pergi menonton film di bioskop. Ini untuk mencegahnya mendadak rewel di tengah-tengah pemutaran film, entah karena lelah atau lapar. Pastikan juga ia sudah ke toilet sebelum masuk ke bioskop.
      Untuk amannya, tetaplah mengajarkan anak mengenai etiket menonton film di bioskop. Misalnya, dilarang ngobrol, berteriak-teriak, berdiri, melompat-lompat, hingga jalan-jalan karena akan mengganggu penonton lain. Hindari juga memberikan ponsel atau tablet bila ia mendadak merasa bosan dan memilih bermain online game.
    5. Jangan paksa anak bila belum siap.
      Meskipun sudah melakukan 4 tips di atas, ada kalanya sesuatu terjadi di luar rencana. Misalnya, anak tiba-tiba menangis, ingin pipis, merasa mual, pokoknya hal-hal yang membuat Bunda terpaksa meninggalkan bioskop sebelum film selesai.
      Intinya, jangan memaksa si Kecil bila ternyata belum siap. Namanya juga pengalaman perdana ia nonton film di bioskop. Bunda harus legowo jika pengalaman pertamanya tidak begitu menyenangkan. Setelah itu, bunda boleh mencoba lagi bila ia sudah siap.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 19, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Nahda nisa
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya mau Tanya
    HPHT saya 10 februari 2021 Dan sekarang sdah tanggal 18 maret 2021 tp belum haid apa saya Hamil……?
    Dan klau hamil usia kandungan saya berapa minggu……?

    Terimakasihh

  • Oleh : Nahda nisa
  • Insomnia Akut

  • Oleh : Alfiyah
  • 7 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

  • Oleh : Alfiyah
  • Payudara nyeri sebelah kiri

  • Oleh : firda apriani
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Saya seorang ibu menyusui,tapi beberapa hari terakhir payudara sebelah kiri nyeri sekali beda rasa nyerinya dr biasanya.saya ingin periksa payudara melalui SADARI tp tidak mengerti.mohon bantuannya bu

    usia kehamilan sudah hampir lebih dari 9 bulan tapi bayi belum lahir

  • Oleh : salsa amelia
  • 5 tahun, 9 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin hamil anak laki-laki, saya tidak tau itu benar atau ngga, tapi saya ingin mengetahui kebenaran tentang kondisi menurut ibu bidan. apa ngga masalah atau ada hal yang perlu diperiksakan lagi? itu saja, saya tunggu jawabannya

    Benjolan di vagina

  • Oleh : Ahmad Hilmi
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Istri saya pernah oprasi karena si sekitar vagina ada benjolan.tapi gk lama kemudian benjolan tersebut ada lagi,jika datang bulan terasa nyeri,mohon solusinya …

  • Oleh : Ahmad Hilmi
  • Tanya Bidan