×

Benarkah Tablet Mulitvitamin Bisa Mencegah Virus Corona?

Bagikan Artikel :

Benarkah Tablet Mulitvitamin Bisa Mencegah Virus Corona?

Karena penyebaran virus corona, masyarakat di Indonesia tidak hanya mencari masker dan hand sanitizer, tapi juga tablet multivitamin untuk perlindungan diri agar tidak terkena virus corona. Hingga saat ini harga masker, hand sanitizer dan tablet multivitamin melambung tinggi dan juga sulit dicari. Namun, benarkah konsumsi tablet multivitamin bisa mencegah penularan virus Corona? Apa hungungannya ya?

Sistem kekebalan tubuh manusia terdiri atas berbagai jenis sel dan molekul, seperti antibodi. Garis pertahanan pertama adalah apa yang dikenal sebagai sistem kekebalan tubuh bawaan.

Setiap sel dalam tubuh kita dipersiapkan untuk membuat interferon, yakni molekul antivirus, ketika mereka mendeteksi adanya penyusup. Sel-sel ini akan mulai membuat molekul antivirus bawaan sendiri yang akan menghentikan virus untuk bereplikasi

Nah daya tahan tubuh yang kuat diharapkan dapat melawan serangan kuman penyakit, baik itu bakteri maupun virus, terutama saat dunia kini sedang dilanda wabah virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID-19.

Benarkah Tablet Multivitamin Dapat Mencegah Virus Corona?

Ketika daya tahan tubuh lemah, beragam virus memang bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi, tak terkecuali virus Corona. Sebagai upaya untuk melindungi diri dari virus ini, banyak orang mulai melirik tablet multivitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Sayangnya, anggapan bahwa tablet multivitamin bisa mencegah virus Corona tidak sepenuhnya benar. Suplemen memang bisa memberikan kita asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun, ini tidak serta-merta bisa mencegah penularan virus secara langsung.

Kamu harus tetap mengonsumsi makanan bergizi setiap hari. Gizi dari makanan, seperti protein, serat, vitamin, maupun mineral, berperan lebih besar dalam mendukung sistem imun tubuhmu dibandingkan suplemen.

Walaupun begitu, tidak ada salahnya bila kamu ingin mengonsumsi tablet multivitamin. Namun, pastikan untuk menggunakannya sesuai anjuran dokter, apalagi jika kamu sedang hamil atau menderita penyakit tertentu. Meskipun tidak termasuk obat, tablet multivitamin juga bisa menyebabkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan, lho.

Bila ingin meningkatkan daya tahan tubuh, kamu juga perlu berolahraga setiap hari, mencukupi kebutuhan tidur, menjauhi minuman berakohol, dan mengendalikan stres.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 28, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bagaimana cara mengatasi mata lelah?

  • Oleh : Sheila Marwah
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya gimaana sih cara mengatasi mata lelah karena sering di depan komputer? apa perlu saya memakai kacamata? tolong di jawab yah bu bidan, terimakasih:)

  • Oleh : Sheila Marwah
  • Haid

  • Oleh : Gessy Anggraini
  • 1 minggu, 6 hari yang lalu

    Dok.. gimana ya agar cepat haid.? Saya sudah telat dok.. padahal saya gak pernah berhubungan dengan siapa siapa, dan kemarin saya iseng² testpack hasil nya juga negatif dok.. gimana ya dok.. saya sedih takut ada apa apa dok

  • Oleh : Gessy Anggraini
  • Haid tidak teratur.

  • Oleh : Okta Viani
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Malam bu, kenapa setelah pasang dan lepas kb iud haid sy jd tidak teratur?
    Sebelum nya tanggal 1 april sampai tanggal 2 saya sdh haid . Tanggal 3 4 5 itu haidnya sudah berenti nah tanggal 6 7 8 9 haid lagi dan tanggal 10 – 12 keluar flek coklat hingga bersih.
    Tanggal 13 pagi sampai sore celana dalam saya bersih tidak ada bercak sedikitpun nah saya berhubungan intim di malam hari tapi keluar darah segar , dan sekarang darah nya tidak keluar lagi . Itu kenapa ya bu ?

    Menyusui Saat Hamil

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau bertanyaan apa benar seorang wanita hamil dilarang untuk menyusui ?? Jika memang benar tolong berikan penjelasannya. Sebelumnya terimakasih

    Sering melakukan onani

  • Oleh : Steven Chin
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Saya sering masturbasi apaka itu merbahaya

    Tanya Bidan