×

Benarkah Tablet Mulitvitamin Bisa Mencegah Virus Corona?

Bagikan Artikel :

Benarkah Tablet Mulitvitamin Bisa Mencegah Virus Corona?

Karena penyebaran virus corona, masyarakat di Indonesia tidak hanya mencari masker dan hand sanitizer, tapi juga tablet multivitamin untuk perlindungan diri agar tidak terkena virus corona. Hingga saat ini harga masker, hand sanitizer dan tablet multivitamin melambung tinggi dan juga sulit dicari. Namun, benarkah konsumsi tablet multivitamin bisa mencegah penularan virus Corona? Apa hungungannya ya?

Related Posts :

    Sistem kekebalan tubuh manusia terdiri atas berbagai jenis sel dan molekul, seperti antibodi. Garis pertahanan pertama adalah apa yang dikenal sebagai sistem kekebalan tubuh bawaan.

    Setiap sel dalam tubuh kita dipersiapkan untuk membuat interferon, yakni molekul antivirus, ketika mereka mendeteksi adanya penyusup. Sel-sel ini akan mulai membuat molekul antivirus bawaan sendiri yang akan menghentikan virus untuk bereplikasi

    Nah daya tahan tubuh yang kuat diharapkan dapat melawan serangan kuman penyakit, baik itu bakteri maupun virus, terutama saat dunia kini sedang dilanda wabah virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID-19.

    Benarkah Tablet Multivitamin Dapat Mencegah Virus Corona?

    Ketika daya tahan tubuh lemah, beragam virus memang bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi, tak terkecuali virus Corona. Sebagai upaya untuk melindungi diri dari virus ini, banyak orang mulai melirik tablet multivitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh.

    Sayangnya, anggapan bahwa tablet multivitamin bisa mencegah virus Corona tidak sepenuhnya benar. Suplemen memang bisa memberikan kita asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun, ini tidak serta-merta bisa mencegah penularan virus secara langsung.

    Kamu harus tetap mengonsumsi makanan bergizi setiap hari. Gizi dari makanan, seperti protein, serat, vitamin, maupun mineral, berperan lebih besar dalam mendukung sistem imun tubuhmu dibandingkan suplemen.

    Walaupun begitu, tidak ada salahnya bila kamu ingin mengonsumsi tablet multivitamin. Namun, pastikan untuk menggunakannya sesuai anjuran dokter, apalagi jika kamu sedang hamil atau menderita penyakit tertentu. Meskipun tidak termasuk obat, tablet multivitamin juga bisa menyebabkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan, lho.

    Bila ingin meningkatkan daya tahan tubuh, kamu juga perlu berolahraga setiap hari, mencukupi kebutuhan tidur, menjauhi minuman berakohol, dan mengendalikan stres.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 28, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    kehamilan

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat Pagi dok,

    istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
    kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
    apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

    dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
    saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

    mohon jawabannya Dok,

    salam,

    Saya hamil tapi sakit saat kencing

  • Oleh : Amel Sapiteri
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok saya mau nanya ,saya kecing terus ,tapi kencing nya sedikit ,disaat saya mau kencing ,saya tidak tahan ,jadi saya kencing ditisu ,ternyata setelah kencing warna kencing nya merah dan berdarah ,itu kenapa ya dok?

    Disentri

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Cara mengatasi disentri dok

    Amankah episiotomi saat persalinan?

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

    Bahayakan minum vitamin B kompleks saat hamil?

  • Oleh : Diranan
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya lagi hamil dan memasuki trimester kedua. Namun, kebetulan kemarin ada teman saya yang bilang, bahwa vitamin B kompleks sangat baik bagi ibu dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Hanya saja saya takut dok, bukannya ibu hamil dilarang minum obat berbahan kimia yah dok? Mohon jawabannya.

    Tanya Bidan