×

Pilihan Makanan Sehat Untuk Anak Di Musim Hujan

Bagikan Artikel :

Sangatlah penting untuk menjaga kesehatan anak, terlebih saat musim hujan menjelang seperti sekarang. Sebab berbagai jenis penyakit sering kali berdatangan, akibat infeksi mikroorganisme serta perkembangan virus dan bakteri yang lebih cepat, yang sangat mudah menyerang imunitas tubuh anak khususnya.

Imunitas adalah salah satu sistem mekanisme pada organisme tubuh anak yang dapat melindungi tubuh anak dari berbagai pengaruh lingkungan terutama dalam mengidentifikasi berbagai sel-sel jahat yang dapat membahayakan tubuh. dalam tubuh, seperti sel tumor, infeksi bakteri, jamur, cacing dan virus. Dan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi sistem imunitas adalah makanan.

Pilihan makanan sehat untuk anak di musim hujan

Berikut tim bidan online akan paparkan asupan nutrisi atau makanan sehat untuk anak ketika pada hujan, sehingga dapat mencegah anak mengurangi resiko terkena penyakit.

Related Posts :
    • Susu Kedelai

    Menurut penelitian yang di lakukan, bahwasannya susu kedelai mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, tentunya khasiat dan manfaat yang dimilikinya juga sangatlah tinggi terlebih untuk anak. Beberapa manfaatnya adalah dapat melancarkan metabolisme tubuh, perbaikan sel-sel yang rusak, menjadikan sumber energi dan penambah imunitas. Hal ini berhubungan dengan kandungan flavonoids yang terkandung dalam susu kedelai, yang terbentuk dari kandungan asam amino dan vitamin, sehingga dapat mencegah penyakit di musim penghujan.

    • Makanan yang mengandung zink

    Mengonsumsi makanan yang mengandung zink yang tinggi juga dapat menjadi suatu awal yang baik untuk mengingkatkan imunitas anak. Zink sendiri merupakan salah satu unsur kehidupan yang sangat baik, dan salah satunya terdapat dalam daging berwarna merah. Tiga ons daging merah dapat dapat memenuhi kebutuhan 40% dari dosis harian. Manfaat mencukupi kebutuhan seng diantaranya dapat meningkatkan perkembangan anak secara cepat, meningkatkan kesehatan mata, menambah intelegensi dan meningkatkan imunitas. Meski seng kini telah banyak tersedia dalam banyak jenis seuplemen, namun anda juga dapat menemukan kandungan yang satu ini dalam berbagai jenis makanan seperti daging merah, udang, telur, ikan dan produk hewani.

    • Madu

    Madu merupakan salah satu sumber protein yang dapat membantu dan menjaga dalam meningkatkan sistem kekebalan anak di musim hujan. Kandungan protein yang terdapat di dalam madu dapat membangun imunitas dan menjaga stamina tubuh anak anda. Sebuah penelitian yang di lakukan oleh Departement of Biological Science, University of waikoto, di Hamilton, Selandia Baru, menghasilkan pernyataan bahwa zat antibiotik yang terkandung di dalam madu mampu melawan serangan penyakit yang dapat di sebabkan oleh musim hujan. Seperti kondisi infeksi yaitu, lambung, demam, batuk, dan infeksi saluran pernapasan akut yang sering kali mengancam anak-anak.

    • Minyak ikan

    Anda juga dapat memberikan minyak ikan pada si kecil untuk memnuhi sitem kekebalan tubuhnya. Di dalam minyak ikan sendiri terkandung asam lemak omega 3 yang dapat menjaga kestabilan sisitem kekebalan tubuh anak sehingga mereka dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit yang di sebabkan pada musim hujan.

    • Jeruk

    Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya, menjadikan jeruk juga salah satu makanan yang wajib di konsumsi oleh anak-anak, terlebih pada saat musim hujan menjelang. Kandungan vitamin C tersebutlah yang memadai akan membuat kekebalan tubuh untuk menangkal segala jenis penyakit yang berdampak dari lingkungan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 27, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bolehkan ibu hamil facial?

  • Oleh : jerrigibson293
  • 7 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan saya mau tanya saat ini saya sedang hamil 5 bulan amankah jika melakukan facial wajah dan menggunakan obat jerawat? mohon jawabannya

    Terlamat datang bulan

  • Oleh : Nuraeni Fadilah
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Bu dokter saya mau tanya saya berhubungan intim tgl 28 terus samapai sekarang belum head d tes peck hasil nya negatif kenapa ya bok

  • Oleh : Nuraeni Fadilah
  • kehamilan

  • Oleh : winda dwipayani
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    saya telat haid sekitar 5 hari, hari pertama haid terakhir saya tanggal 9 oktober 2020 , berapakah usia kehamilan saya , dan usia kehamilan keberapakah lebih baik dilakukan usg ?

    dan apakah normal/tidak jika saya akhir2 ini serig diare setelah makan ?

  • Oleh : winda dwipayani
  • Payudara

  • Oleh : Ayu Wulandari
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamu alaikum,
    Payudara sblh kanan kan lbh besar dri kiri,soalx pas menuyusui kmrin suka yg kanan saja,tpi lama kelamaan sdh tdk mnyusui ,trs sering banget nyeri bagian kanan,apa wajar atau bagaiman

  • Oleh : Ayu Wulandari
  • Siklus Haid Tidak Teratur

  • Oleh : Cherma
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

    Tanya Bidan